top of page

Kenapa Harus Ada Budgeting?




Budgeting sangat diperlukan karena dapat membantu kamu atau perusahaan mengontrol keuangannya. Pada prosesnya juga, budgeting dapat membantumu membuat keputusan finansial lebih baik dan matang. Selain itu, budgeting memberikan gambaran pada perusahaan mengenai tujuan yang ingin dicapai pada periode tertentu. Lalu apa alasan lain pentingnya melakukan budgeting?

  1. Budgeting merupakan bentuk komunikasi bottom-up (low manager kepada top manager ) terkait proyek pada periode tertentu sebagai bahan penilaian kelayakan proyek, sehingga manajemen memiliki prioritas pengeluaran keuangan perusahaan.

  2. Budgeting digunakan untuk mengukur, membandingkan, mengevaluasi, dan mengontrol performa proyek yang telah dikerjakan

Dalam proses penganggaran (budgeting) ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi proses tersebut dan memnentukan apakah budgeting yang dilakukan akan berhasil atau tidak, karena dalam penyusunan anggaran ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan.

  1. Data Penjualan Sebelumnya

  2. Keadaan Persaingan

  3. Kapassitass Produksi

  4. Kondisi Perusahaan Pesaing

Proses budgeting sendiri terdiri perkiraan alokasi dana, kemudian seseorang akan membuat budget plan. Dalam pelaksanaanya, seseorang perlu melakukan pengendalian dana seperti mengalokasikan dana untuk dana darurat, tabungan, asuransi atau investasi.


Anggaran perusahaan dalam proses penyusunannya memiliki kaitan yang erat dengan perencanaan, pengkoordinasian kerja, dan pengawasan kerja. Dalam sebuah perusahaan, anggaran perusahaan berperan sebagai alat bagi manajemen dalam melaksanakan ketiga fungsi tersebut. Penyusunan Anggaran adalah siklus penting bagi perusahaan untuk membantu pebisnis atau pelaksana dala perencanaan dan mewujudkan kegiatan-kegiatan perusahaan sebagai pertanggungjawaban sehingga penympangan dapat diminimasisir. Sebuah perusahaan yang baik pasti akan membuat dan memiliki anggaran perusahaan yang bisa membantu merencanakan dana dan mengendalikan aktivitas yang dilakukan sebuah perusahaan. Dengan memiliki anggaran, perusahaan dapat lebih mudah membuat estmasi biaya-biaya yang harus dikeluarkan perusahaan untuk mendukung kegiatan atau aktivitas bisnis.


Nah untuk selengkapnya kalian bisa download e-Book Business Trends and Predictions Ilmu Keuangan di web Ilmukeuangan.com. Dan untuk menambah networking bisnis kalian bisa ikut Smart Financial Map, Dimana disana kamu bisa bertemu dengan banyak pebisnis dari seluruh Indonesia. Langsung daftarkan dirimu di Smartfinancialmap.com


Belajar Keuangan Bisnis ? Ya di Ilmu Keuangan !




55 views0 comments

Comments


bottom of page