Kenapa Sariwangi Bisa Bangkrut?




Siapa sih yang tidak tahu Teh Sariwangi ? Teh legendaris yang sangat laku di pasaran pada zamannya. Tapi kalian pernah gak sih kepikiran kenapa brand sebesar Sariwangi kok bisa bangkrut ? Dan kenapa walaupun sudah bangkrut kita tetap bisa menikmati Teh Sariwangi sampai sekarang ? Yuk simak ceritanya !


Jadi bermula saat PT Sariwangi ingin mencoba melakukan ekspansi bisnis dengan cara memperluas sistem drainase air dan juga teknologi penyiraman. Namun ternyata proyek ekspansi dan investasi tersebut gagal dan tidak sesuai dengan harapan. Hingga pada tahun 2015 PT Sariwangi tidak mampu membayar hutang pada 5 Bank peminjam yaitu PT HSBC Indonesia, PT Bank ICBC, PT Bank Rabobank International Indonesia, PT Bank Panin Indonesia Tbk, dan PT Bank Commonwealth.


Dan pada tahun yang sama, PT Sariwangi dan Maskapai Perkebunan Indorub langsung memohon perdamaian untuk Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) kepada kreditur. Namun hingga 2018 kedua perusahaan tersebut tidak bisa memenuhi janjinya. Hingga pada akhirnya Pengadilan Niaga Jakarta Pusat menyatakan kedua perusahaan itu pailit karena dianggap telah melanggar perjanjian perdamaian soal utang piutang.


Lalu bagaimana nasib Teh Sariwangi ?


Jadi walaupun PT Sariwangi bangkrut, produk Teh Sariwangi masih dapat kita nikmatin. Loh kok bisa ? Bisa dong karena pada tahun 1989 PT Unilever ternyata sudah mengakuisisi Teh Sariwangi. Sehingga walaupun PT Sariwangi bangkrut, produk teh celup Sariwangi masih ada, namun bedanya PT Unilever lah yang sekarang meproduksinya. Dan jatuh bangun PT Sariwangi tidak ada sangkutpautnya dengan PT Unilever karena PT Unilever hanya membeli merk nya bukan membeli pabriknya.


Dalam hal ini PT Sariwangi salah dalam bertindak karena menjual merk mereka. Dari sini kita belajar bahwa merk adalah Aset berharga dibandingkan asset lainnya dan harus berhati-hati ketika ingin menjualnya. Selain itu kita harus berhati-hati ketika ingin melakukan ekspansi dan selalu perhitungkan setiap rencanakan investasi bisnismu supaya kemungkinan gagalnya kecil.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.



2,178 views0 comments

Recent Posts

See All