Laporan Keuangan Perusahaan Non Profit




Membuat sebuah laporan keuangan nirlaba tentu sangatlah penting untuk dilakukan. Sebab perusahaan nirlaba dengan kegiatan dalam perusahaan bisnis keduanya sama-sama tidak bisa terlepas dari pertanggungjawaban dana yang digunakan. Namun perusahaan nirlaba ini tentu berbeda dengan bisnis lainnya. Lalu apa ya tujuan dibuatnya laporan keuangan di perusahaan non profit ? Dan apa ya perbedaan antara perusahaan profit dan non profit ? Yuk simak selengkapnya !


Tujuan dari dibuatnya laporan keuangan di perusahaan non profit adalah :

1. Dapat Menilai Kemampuan Perusahaan

Laporan keuangan organisasi nirlaba bertujuan untuk menyediakan informasi yang relevan serta memenuhi kepentingan para donatur, anggota organisasi, kreditur, dan pihak lain yang ingin menyediakan sumber daya bagi organisasi nirlaba.

2. Menyajikan Informasi

Laporan keuangan nirlaba dibuat untuk menyajikan beberapa informasi. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan nirlaba sebagai berikut:

• Peristiwa, pengaruh transaksi, dan situasi lainnya yang dapat mengubah nilai dan sifat aktiva bersih.

• Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan nirlaba yaitu jenis dan jumlah arus kas masuk dan arus keluar sumber daya satu periode dan hubungan antara keduanya.

• Jumlah dan sifat aktiva kewajiban, serta aktiva bersih suatu organisasi.

• Cara organisasi dalam mendapatkan atau memperoleh pinjaman dan melunasi pinjaman, membelanjakan kas, serta faktor lainnya yang berpengaruh pada likuiditasnya.

• Usaha jasa suatu organisasi.


Laporan posisi keuangan bisnis non profitdibuat untuk menyediakan informasi mengenai aktiva, kewajiban, dan aktiva bersih, serta informasi mengenai hubungan di antara unsur-unsur tersebut pada waktu tertentu. Informasi dalam laporan ini digunakan bersama pengungkapan dan informasi dalam laporan keuangan lainnya untuk membantu donatur, anggota organisasi, kreditur, dan pihak-pihak lain untuk menilai kemampuan organisasi dalam memberikan jasa. Berikut ini adalah contoh laporan posisi keuangan perusahaan non profit :


Sumber : jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol.15, No.2, 2020


Sedangkan laporan laba ruginya dibuat untuk melihat Hal ini dilakukan juga untuk mengevaluasi kinerja dalam suatu periode, menilai upaya, kemampuan, dan kesinambungan organisasi dalam memberikan jasa, dan menilai pelaksanaan tanggung jawab dan kinerja manager.


Sebenarnya laporan keuangan diperusahaan non profit (nirlaba) dengan perusahaan profit hampir sama. Namun ada beberapa perbedaan diantaranya :

Dasar untuk PerbandinganOrganisasi ProfitOrganisasi non profitBerartiBadan hukum, yang beroperasi untuk mendapatkan laba bagi pemilik, dikenal sebagai organisasi Nirlaba atau Untung.Organisasi nirlaba adalah badan hukum, yang beroperasi untuk melayani masyarakat secara keseluruhan.MotifMotif keuntunganMotif LayananBentuk organisasiKepemilikan tunggal, perusahaan Kemitraan atau perusahaanKlub, Kepercayaan, Rumah sakit umum, masyarakat, dll.PengelolaanPemilik tunggal, mitra, atau direktur, tergantung pada masalahnya.Wali amanat, komite, atau badan pemerintahan.Sumber pendapatanPenjualan barang dan jasa.Donasi, berlangganan, biaya keanggotaan dll.Dimulai melaluiModal dikontribusikan oleh pemilik.Dana dari donasi, berlangganan, hibah pemerintah dan sebagainya.Laporan keuanganLaporan laba rugi, Neraca dan laporan arus kasA / c Penerimaan & Pembayaran, A & c Penghasilan & Pengeluaran dan Neraca.Uang diperoleh berulang-ulangKeuntungan, ditransfer ke akun modal.Surplus ditransfer ke dana modal.


Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!





20 views0 comments

Recent Posts

See All