top of page

Lebih Baik Pembiayaan Ekuitas atau Pembiayaan Utang?




Saat ini, pembiayaan ekuitas dan pembiayaan hutang banyak tersedia di lingkungan bisnis. Bagi perusahaan yang memasuki tahap fundraising, kedua opsi tersebut dimiliki oleh perusahaan baru. Namun, sebelum memilih untuk memperoleh dana melalui pembiayaan ekuitas atau pembiayaan hutang, yang terbaik adalah memahami kelebihan dan kekurangan keduanya.

Pembiayaan Ekuitas

Anda mungkin memiliki uang tunai yang ingin Anda masukkan ke dalam perusahaan Anda sehingga Anda dapat menggunakannya sebagai dasar untuk memulai bisnis Anda. Mungkin Anda juga memiliki anggota keluarga atau teman yang tertarik dengan ide bisnis Anda dan mereka ingin berinvestasi di bisnis tersebut.


Ini terdengar bagus bagi Anda, tetapi meskipun ini adalah pendekatan terbaik, ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan bagaimana membiayai bisnis Anda. Jika Anda memutuskan untuk menerima investasi dari keluarga dan teman, Anda akan menggunakan bentuk pembiayaan yang disebut pembiayaan ekuitas.


Satu hal yang ingin Anda jelaskan adalah, apakah keluarga dan teman Anda ingin berinvestasi dalam bisnis Anda atau ingin meminjamkan uang untuk bisnis Anda? Kedua hal ini berbeda!


Jika mereka ingin berinvestasi, maka mereka memberi Anda pembiayaan ekuitas.


Keuntungan Pembiayaan Ekuitas

  1. Jika mereka ingin meminjam uang, mereka dianggap sebagai pembiayaan hutang. Alih-alih membayar pinjaman besar ke bank atau organisasi atau individu lain, Anda dapat menggunakan uang tunai dan dana investor untuk membayar semua biaya di muka saat Anda memulai bisnis. Anda bisa move on tanpa harus menanggung beban hutang.

  2. Jika Anda telah menyiapkan prospektus untuk investor dan menjelaskan kepada mereka bahwa dana mereka berisiko, mereka akan memahami bahwa jika bisnis gagal, mereka tidak akan bisa mendapatkan dananya kembali.

  3. Bergantung pada siapa investor Anda, mereka mungkin memberikan bantuan bisnis berharga yang mungkin belum Anda miliki sebelumnya. Ini sangat penting bagi perusahaan baru.

Kekurangan Pembiayaan Ekuitas

  1. Ingat, investor akan benar-benar memiliki bisnis Anda; besarnya potongan akan bergantung pada berapa banyak uang yang mereka masukkan. Anda mungkin tidak ingin melepaskan kendali bisnis Anda, jadi Anda harus menyadari beberapa situasi ini ketika memutuskan untuk menggunakan investor.

  2. Investor biasanya juga ingin mereka tahu di mana mereka akan mendapat untung. Namun, jika Anda tidak mendapatkan keuntungan dalam beberapa tahun pertama bisnis Anda, maka investor tidak akan mengharapkan pengembalian, dan tidak akan ada hutang untuk membayar kembali uang yang telah mereka investasikan.

  3. Karena investor memiliki bagian dari bisnis Anda, Anda diharapkan untuk bertindak demi kepentingan terbaik mereka. Dalam beberapa kasus, jika Anda membuat sekuritas perusahaan untuk banyak investor, dokumentasinya mungkin membuat Anda kewalahan. Sebelum memutuskan ruang lingkup investasi untuk membuka bisnis Anda, Anda juga perlu memahami persyaratannya.

Pembiayaan Utang

Jika Anda memutuskan tidak ingin menggunakan investor, tetapi tidak ingin mengambil kendali penuh atas bisnis Anda, Anda dapat menggunakan pembiayaan hutang untuk memulai bisnis Anda. Anda akan mencoba memanfaatkan sumber dana Anda dengan menggunakan pinjaman pribadi, hipotek, dan bahkan kartu kredit. Mungkin anggota keluarga atau teman bersedia meminjami Anda dana yang diperlukan dengan tingkat bunga yang lebih rendah dan persyaratan pembayaran yang lebih baik.

Kelebihan Pembiayaan Utang

  1. Pembiayaan hutang memungkinkan Anda untuk mengontrol nasib bisnis Anda. Anda tidak membutuhkan investor atau mitra yang bertanggung jawab untuk membuat semua keputusan. Anda memiliki semua keuntungan yang diperoleh.

  2. Jika Anda menggunakan hutang untuk mendanai bisnis Anda, bunga yang Anda bayarkan atas pinjaman tersebut dapat dikurangkan dari pajak. Ini berarti bahwa pembiayaan hutang dapat melindungi sebagian pendapatan bisnis Anda dari perpajakan dan mengurangi kewajiban pajak Anda setiap tahun. Bunga Anda biasanya didasarkan pada suku bunga utama.

  3. Pemberi pinjaman tidak berbagi keuntungan dengan Anda. Yang harus Anda lakukan adalah melunasi pinjaman tepat waktu.

  4. Anda dapat mengajukan pinjaman yang memiliki persyaratan yang lebih menguntungkan untuk usaha kecil daripada pinjaman bank komersial.

Kekurangan Pembiayaan Utang

  1. Kerugian meminjam uang untuk usaha kecil bisa sangat signifikan. Anda mungkin perlu membayar pinjaman dalam jumlah besar, tetapi juga modal bisnis yang besar.

  2. Jika Anda tidak melunasi pinjaman tepat waktu, ini dapat merusak riwayat kredit Anda dan membuat pinjaman lebih lanjut menjadi sulit atau tidak mungkin.

  3. Jika Anda tidak membayar tepat waktu, Anda juga dapat menghancurkan persahabatan atau hubungan.

Mana yang terbaik? Pembiayaan utang atau ekuitas? Hal ini tergantung situasi. Modal keuangan bisnis, calon investor, status kredit, rencana bisnis, situasi pajak, situasi pajak investor, dan jenis bisnis yang Anda rencanakan, segalanya berdampak pada keputusan Anda. Campuran pembiayaan utang dan ekuitas juga dapat Anda gunakan dalam penentuan modal bisnis.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan.

Dapatkan harga khusus hari ini.





1,516 views1 comment
bottom of page