Manfaat UMKM Catat Keuangan






Pencatatan keuangan sangatlah penting, tak terkecuali untuk sektor UMKM. impian semua pebisnis mampu membawa perusahaannya memiliki employee benefit yang bagus, berkembang dan berkelanjutan. Untuk mencapainya, diperlukan manajemen keuangan yang baik. Bahkan ketika memulai bisnis, pengelolaan keuangan bisnis menjadi yang paling diperhatikan dalam rencana bisnis sejak awal beroperasionalnya perusahaan. Kenapa sih begitu pentingnya mencatat keuangan ? Berikut adalah manfaat yang akan di dapat UMKM dalam pencatatan keuangan :


1. Mengetahui Perkembangan Usaha.

Dengan melakukan pencatatan keuangan, kamu akan mengetahui perkembangan usaha yang sedang dijalani. Apakah kondisi keuangan kamu sedang meningkat, turun, atau dalam keadaan stabil?


2. Sarana Pengambilan Keputusan.

Catatan keuangan dapat dijadikan sebagai sarana pengambilan keputusan dalam menjalankan bisnis. Bila bisnis yang dijalankan mengalami penurunan, maka kamu bisa mengambil keputusan lain seperti misalnya memberi promo, meningkatkan rasa, membuat varian baru, atau mengubah kemasan.


3. Sebagai perhitungan pajak.

Sebagai pelaku UMKM dan warga negara yang baik, kamu harus wajib melapor dan membayar pajak dari bisnis yang tengah dikelola. Proses lapor dan bayar pajak dapat dihitung dari catatan keuangan yang selama ini sudah kamu tulis.


4. Memberikan kepastian.

Pengelolaan keuangan perusahaan yang tepat tentu akan memberikan sejumlah hasil yang tetap atau pasti. Apa saja yang memberikan kepastian itu? Yakni hasil bisnis, kesejahteraan pegawainya, laporan keuangan bisnis yang sehat dan keuntungan bagi pemilik modal atau saham.


5. Mencegah atau meminimalisir terjadinya kerugian.

Harus diakui dalam perjalanan menjalankan usaha seringkali rencana yang telah disusun tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Bahkan ketika anggaran sudah dihitung, sering juga mengalami perubahan baik biaya membengkak atau target pemasukan tidak tercapai. Pentingnya pengelolaan keuangan ini adalah bagian dari manajemen resiko untuk meminimalisir bila terjadi kerugian.


6. Memiliki dana cadangan.

Tak ada yang dapat menjamin bahwa situasi ekonomi akan terus stabil atau kuat. Apabila dalam kondisi ekonomi mengalami penurunan atau goncangan, supaya perusahaan dapat bertahan lebih lama maka diperlukan dana cadangan yang tebal untuk menjaga keberlangsungan operasional perusahaan.


7. Membantu mewujudkan ekspansi.

Semua perusahaan selalu ingin terus berkembang dan melebarkan sayapnya. Supaya ekspansi tersebut bisa terjadi dibutuhkan biaya atau dana yang cukup untuk membiayainya. Nah, di sinilah pentingnya manajemen keuangan untuk merencanakan ekspansi perusahaan di masa depan.


Setelah tau mengenai manfaat mengatur keuangan UMKM ,kamu perlu belajar keterampilan dalam membuat laporan keuangan. Sehingga tidak salah dan asal-asalan dalam membuatnya. Ilmu keuangan memiliki e-course Basic Finance yang cocok untuk kamu yang ingin belajar keuangan bisnis dari basic. Daftarkan dirimu sekarang !








23 views4 comments

Recent Posts

See All