Menentukan Margin Keuntungan Bisnis



Margin keuntungan bisnis murupakan salah satu yang perlu diperhatikan untk melacak dan mengukur kinerja bisnis yang sedang kita jalani. Berikut adalah cara untuk meningkatkan margin bisnis kita.


Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui terlebih dahulu apa yang disebut dengan margin laba bisnis. argin laba bisnis adalah metrik untuk mengukur persentase pendapatan yang disimpan bisnis setelah membayar biaya dan pengeluaran.


Anda dapat menghitung margin keuntungan untuk melihat profitabilitas untuk periode waktu tertentu. Margin atau persentase keuntungan usaha membuat kita tahu berapa banyak keuntungan/ laba yang kita dapat dari suatu barang yang kita jual.


Dengan cara melacak margin keuntungan kita dapat memantau kesehatan perusahaan dan membantu kita untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik di masa yang akan datang. Selain itu, margin keuntungan juga dapat membantu usaha menandai dan menyelesaikan msalah keungan lebih cepat. Margin keuntungan yang baik tentunya dapat membuat bisnis kita dilirik bagi investor.


Cara Menentukan Margin Keuntungan Dalam 3 Langkah

Seperti yang Anda tahu, ada beberapa cara untuk menentukan margin keuntungan Anda. Namun, ini tergantung pada jenis margin laba yang ingin Anda hitung. Untuk menentukan margin laba perusahaan Anda secara keseluruhan, Anda ingin menggunakan rumus margin laba bersih. Gunakan rumus di bawah ini untuk menghitung keseluruhan margin keuntungan bisnis Anda:


Margin Laba = (Penghasilan / Pendapatan Bersih) X 100

Tiga langkah ini untuk menentukan margin keuntungan:

1. Tentukan penghasilan bersih bisnis Anda (Pendapatan – Biaya)

2. Bagilah pendapatan bersih Anda dengan pendapatan Anda (juga disebut penjualan bersih)

3. Lipat gandakan total Anda dengan 100 untuk mendapatkan persentase margin keuntungan Anda


Cara Meningkatkan Margin Keuntungan Bisnis

Jika Anda ingin meningkatkan margin keuntungan bisnis, mungkin perlu melakukan beberapa penyesuaian. Pada akhirnya, hal yang harus dilakukan adalah menurunkan biaya dan pengeluaran dan meningkatkan penjualan untuk meningkatkan margin dalam usaha.


Cara untuk membantu menurunkan biaya:

1. Optimalkan hubungan vendor

2. Cari solusi alternatif untuk proses saat ini

3. Potong tawaran yang tidak berhasil atau jual

4. Mengurangi biaya bisnis dan operasional

5. Identifikasi dan hilangkan hal yang mengganggu pertimbuhan profit

Cara untuk meningkatkan penjualan :

1. Lakukan penjualan pada stok lama

2. Naikkan harga Anda sesuai

3. Gunakan teknik upselling dan cross-selling

4. Tingkatkan retensi pelanggan

5. Tingkatkan visibilitas inventaris


ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.




166 views0 comments

Recent Posts

See All