Menganalisis Efisiensi Pemberian Kredit Dengan Receivable Turnover Ratio


Apakah anda menjual produk kepada konsumen secara kredit?

Berapa lama jangka waktu yang anda perlukan untuk mendapatkan piutang anda? perputaran piutang bisnis juga harus dievaluasi apakah efisien atau tidak. Hal ini bertujuan agar keadaan kas anda juga tetap stabil.


Apa itu receivable turnover ratio?


Rasio perputaran piutang adalah ukuran akuntansi yang digunakan untuk mengukur efektivitas perusahaan dalam mengumpulkan piutangnya atau uang yang terhutang oleh klien. Rasio tersebut menunjukkan seberapa baik perusahaan menggunakan dan mengelola kredit yang diberikan kepada pelanggan dan seberapa cepat hutang jangka pendek itu dikumpulkan atau dibayarkan. Rasio perputaran piutang juga disebut rasio perputaran piutang. Rasio perputaran piutang dapat dihitung secara tahunan, triwulanan, atau bulanan


Rumus : Rasio perputaran piutang = net sales credit/rata-rata piutang


Rata-rata piutang adalah Tambahkan nilai piutang di awal periode yang diinginkan dengan nilai di akhir periode dan bagi jumlahnya dengan dua.

Net sales credit adalah pendapatan yang dihasilkan dari penjualan yang dilakukan secara kredit dikurangi pengembalian dari pelanggan.


Rasio perputaran piutang tinggi


Rasio yang tinggi juga dapat menunjukkan bahwa perusahaan konservatif dalam memberikan kredit kepada pelanggannya. Kebijakan kredit konservatif dapat bermanfaat karena dapat membantu perusahaan menghindari pemberian kredit kepada pelanggan yang mungkin tidak dapat membayar tepat waktu. Di sisi lain, jika kebijakan kredit perusahaan terlalu konservatif, hal itu dapat membuat calon pelanggan pergi ke competitor kita yang akan memberikan kredit kepada mereka.


Rasio perputaran piutang yang rendah


Rasio perputaran piutang yang rendah mungkin disebabkan oleh perusahaan yang memiliki proses penagihan yang buruk, kebijakan kredit yang buruk, atau pelanggan yang tidak layak secara finansial atau layak kredit. Biasanya, rasio perputaran yang rendah menyiratkan bahwa perusahaan harus menilai kembali kebijakan kreditnya untuk memastikan penagihan piutang tepat waktu. Namun, jika perusahaan dengan rasio rendah memperbaiki proses penagihannya, hal itu dapat menyebabkan masuknya kas dari penagihan atas kredit atau piutang lama.


Sebenarnya tidak ada ukuran ideal berapa rasio perputaran piutang, anda harus mengukur efisiensi perusahaan dan bisa membandingkan sesuai dengan industris masing-masing. Efisiensi yang lebih tinggi juga menguntungkan dari sudut pandang arus kas.

396 views0 comments

Recent Posts

See All