Metode Evaluasi Pasar



Evaluasi aspek pasar sangat penting dilakukan karena tidak ada bisnis yang berhasil tanpa adanya permintaan atas barang/jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Pada dasarnya, analisis pasar bertujuan untuk mengetahui potensi pasar wilayah. potensi pasar wilayah adalah bagian dari total potensi pasar sehubungan dengan berbagai kota, negara dan negara. Ini merujuk pada perkiraan jumlah penjualan (rupiah atau volume) yang mungkin dapat dilakukan di suatu wilayah atau area tertentu. Sebelumnya Anda juga perlu memperhatikan faktor-faktor eksternal dari perusahaan anda yang bisa mempengaruhi pasar.


Dikutip dari evancarmichael, faktor eksternal meliputi :

  1. Konsumsi dipengaruhi oleh kekayaan penduduk, dan pelaku bisnis harus merencanakannya dengan tepat. Beberapa pertimbangan utama meliputi tersedianya kredit dan jumlah pendapatan disposable di pasar tertentu. Baik inflasi dan tingkat suku bunga dan GDP negara tertentu adalah faktor ekonomi lain yang dapat menghambat atau membantu usaha pemasaran Anda.

  2. Masyarakat memberlakukan kepercayaan, sikap, dan gaya hidup yang diadopsi oleh lingkungan sekitarnya. Sikap ini sering berubah karena orang berusaha untuk mengakomodasi tuntutan yang ditempatkan pada mereka oleh dunia di sekitar mereka. Seperti yang mereka lakukan, permintaan akan gaya pakaian, perangkat teknologi, aktivitas rekreasi, dan produk / layanan lainnya meningkat sementara permintaan akan alternatif lain memudar.

  3. Teknologi terus membaik pada tingkat eksponensial. Perusahaan terbaik tetap berada di atas perubahan teknologi dan menggunakannya untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan dalam periode waktu yang lebih singkat. Pemasar harus menyadari perubahan yang mungkin mempengaruhi bisnis dan industri mereka. Perangkat, strategi, dan teknik baru dapat membantu bisnis tetap berada di depan persaingan dan menghindari keusangan.

Ada dua metode utama untuk menilai potensi pasar wilayah:


Metode market buildup

Metode market buildup digunakan khusus oleh para pemasar bisnis. Metode ini ditujukan untuk mengidentifikasi seluruh pembeli potensial dalam setiap pasar dan mengestimasi pembelian potensial mereka. Dan metode ini menghasilkan hasil yang akurat, kelemahannya adalah proses perolehan data dirasa sulit. Untuk itu diperlukan sistem klasifikasi industri standar, analisa kejenuhan pasar, jumlah pesaing, tingkat pertumbuhan pasar, usia rata-rata produk.


Metode multiple factor index

Metode multiple factor index digunakan khusus untuk para pemasar konsumen/barang produksi. Karena banyaknya perusahaan konsumen yang didaftar maka digunakan sistem indeks baik untuk indeks pesaing yang ada dan yang akan masuk, indeks barang yang beredar, indeks biaya promosi, indeks daya beli pelanggan, indeks penghasilan pelanggan dan lainnya.

1,401 views0 comments

Recent Posts

See All