Neraca Saldo & Neraca Lajur Apa Bedanya ?




Neraca adalah istilah yang sangat sering dipakai dalam penyajian laporan keuangan. Dalam neraca ada istilah yang kita kenal dengan neraca (balance sheet), neraca saldo, dan juga neraca lajur. Sebagai pebisnis yang melek akan keuangan, sudah sepatutnya untuk mengetahui perbedaannya. Lalu apa ya perbedaan antara neraca saldo dan neraca lajur ? Yuk simak selengkapnya !


Neraca saldo merupakan bagian dari neraca lajur yang merupakan alat untuk membantu dalam proses pembuatan laporan keuangan. Neraca saldo berfungsi untuk melihat kesamaan antara jumlah kredit dan debit di setiap akun dalam buku besar. Namun, neraca saldo tidak bisa menjadi bukti lengkap keakuratan buku besar perusahaan. Jenis neraca ini hanyalah alat untuk memantau kesamaan jumlah debet dan kredit.


Sementara itu, neraca lajur merupakan lembar kerja yang digunakan untuk membuat laporan keuangan. Fungsi neraca lajur adalah untuk merangkum data-data yang digunakan dalam pembuatan laporan keuangan. Bisa dibilang, neraca lajur merupakan alat akuntansi untuk membuat proses laporan keuangan lengkap.


Dari pengertian tersebut, ada beberapa perbedaan mendasar antara neraca saldo dengan neraca lajur. Berikut perbedaan tersebut :

1. Waktu pembuatan

Neraca saldo dibuat setelah posting ke buku besar tahap pertama. Sementara itu, neraca lajur digunakan untuk mempermudah proses penyusunan laporan keuangan lengkap.


2. Siklus akuntansi

Neraca saldo merupakan tahapan wajib dalam siklus akuntansi, mulai dari transaksi sampai laporan keuangan. Sebaliknya, neraca lajur bukan tahapan wajib dalam siklus akuntansi.


3. Fungsi

Neraca saldo berfungsi sebagai jembatan penghubung untuk menuju penyesuaian. Sementara itu, neraca lajur berfungsi untuk membantu proses pembuatan laporan keuangan.


4. Isi

Neraca saldo hanya berisi daftar kumpulan saldo-saldo yang ada di setiap perkiraan dalam buku besar. Sedangkan neraca lajur berisi kumpulan perkiraan dalam proses pembuatan laporan keuangan, mulai dari neraca saldo, ayat jurnal penyesuaian, neraca saldo setelah penyesuaian, harga pokok produksi, prediksi untung atau rugi, dan neraca.


Nah sudah tau kan perbedaan neraca saldo dan neraca lajur? Dengan memahami keduanya, Kamu akan lebih mudah merekam setiap aktivitas keuangan dalam bisnis


Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!











19 views0 comments

Recent Posts

See All