Perhatikan Ini Sebelum Buka Cabang




Kebanyakan pebisnis tentu memikirkan opsi untuk membuka cabang usaha yang baru ketika usaha nya berjalan lancar. Tujuannya supaya dapat melayani konsumen yang semakin bertambah jumlahnya. Tidak bisa dipungkiri meskipun potensi keuntungan yang akan didapatkan lebih besar tetapi risiko dan tanggung jawab yang harus dipikul pun tidak kecil.


Oleh karena itu, sebelum memutuskan membuka cabang ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Yuk simak selengkapnya!!!

1. Pastikan bisnis utama kamu berjalan lancar

Kamu jangan tergiur untuk membuka cabang di tempat baru jika pada faktanya usaha utama Anda masih belum stabil. Hal ini dikarenakan, membuka cabang usaha membutuhkan perhatian yang besar. Jika usaha utama ternyata masih dalam tahap pengembangan, buka cabang bisa dibilang bukan merupakan keputusan yang tepat.


2. Memiliki Modal yang Cukup

Sama halnya dengan memulai usaha baru,kamu juga membutuhkan modal untuk buka cabang di tempat yang berbeda. Ada berbagai biaya yang dibutuhkan, misalnya sewa tempat, gaji karyawan, dan dana kegiatan operasional. Dan perlu diingat rencana buka cabang tidak boleh mengganggu kondisi keuangan usaha utama.


3. Lakukan Riset Pasar

Salah satu yang harus dilakukan sebelumnya adalah melakukan riset pasar, khususnya terhadap lokasi baru yang akan ditempati. Kamu perlu memperhatikan berbagai faktor yang berpengaruh, misalnya akses yang mudah dan kesesuaian target pasar. Meskipun sewanya terjangkau, jika lokasi usaha baru tersebut tidak strategis untuk usaha Anda, jangan memaksakan diri.


4. Mempunya SDM yang Kompeten

Ketika memutuskan untuk membuka cabang, pastikan kamu telah memiliki karyawan- kartawan yang andal yang dapat anda percaya untuk mengelola cabang baru ataupun cabang lama , karena pastinya fokus kamu akan terbagi ketika memutuskan untuk membuka cabang. Dan hal ini harus dipertimbangkan dengan matang supaya kegiatan operasional di cabang usaha baru dan lama dapat berjalan dengan optimal.


5. Jangan lupa atur strategi promosi

Pastinya kamu berharap cabang usaha baru sukses seperti usaha utama kan. Nah, agar hal ini tercapai, jangan lupa untuk atur sebaik mungkin strategi promosinya. Baik mulut ke mulut dengan memberi tahu pelanggan, atau memanfaatkan banner dipajang di toko utama, ataupun melalui sosial media.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.



46 views0 comments

Recent Posts

See All