Perpedaan Cost dan Expense

Updated: Sep 20, 2021


Hayo siapa yang masih belum tahu kalo Cost dan Expense beda lho. Mereka terlihat sama padahal sebenarnya berbeda. Kira-kira bedanya apa yaa ? Yuk simak penjelasannya !


Cost atau Biaya adalah pengeluaran yang dilakukan untuk memproduksi barang maupun jasa agar mendapatkan keuntungan atau mendapatkan manfaat yang memiliki nilai ekonomis di masa depan. Contohnya seperti pada saat kita melakukan pembelian asset. Pembelian asset ini tentu dapat mengeluarkan biaya sehingga jumlah kas yang dimiliki akan berkurang. Namun, di masa depan kamu akan mendapatkan manfaat secara ekonomis.


Sedangkan Beban (expense) merupakan suatu penurunan pada nilai ekonomi sebagai kas keluar atau aktiva yang berkurang. Expense ini dianggap sebagai kewajiban karena dapat menyebabkan nilai ekuitas menurun. Biasanya juga, dianggap sebagai sebuah pengorbanan yang sudah terjadi. Misalnya seperti pengeluaran untuk membayar sewa, membayar listrik/ air, dan sebagaiannya.

Nah sudah terlihat kan perbedaanya, bahwa cost termasuk kedalam asset dan beban (expense) merupakan pengeluaran/ penurunan asset. Sehingga dapat diketahui bahwa :

1. Di dalam laporan keuangan ; Cost masuk kedalam Laporan Posisi Keuangan. Sementara Expense masuknya di Laporan Laba Rugi.

2. Periode Akuntansi ; Cost memiliki periode akuntansi lebih dari 1 tahun. Sementara Expense periode akuntansinya hanya 1 tahun.

3. Manfaat yang didapatkan ; Dari segi manfaat yang bisa kamu dapatkan tentu berbeda, untuk manfaat dari biaya yang bisa kamu dapatkan adalah pendapatan. Lalu, untuk beban manfaat yang bisa didapatkan yaitu penggunaan sumber daya.


ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.




140 views0 comments

Recent Posts

See All