Pola Pikir Seorang Pebisnis




Kemampuan berbisnis tidak bisa lahir atau datang dengan sendirinya. Perlu banyak latihan, usaha, dan pengalaman. Pada dasarnya, pola pikir pebisnis yaitu cara berpikir yang membuat kamu tangguh untuk menghadapi tantangan, mampu mengambil keputusan, dan bertanggung jawab atas keputusan yang dibuat. Semua orang bisa memiliki pola pikir pebisnis asalkan mereka mau mempelajarinya. Lalu bagai mana ya caranya supay memiliki pola pikir seorang pebisnis ? Yuk simak selengkapnya !


Pola pikir pebisnis dapat dimiliki ketika kamu mau selalu belajar dari kesalahan, memperbaiki hal-hal kurang baik dari pengalaman kamu sebelumnya dan berusaha yang terbaik untuk mengimplementasikan ide-ide kamu.


Lalu bagaimana cara mengasahnya ?

1. Berusaha Memahami Orang Lain

Sebagai seorang pebisnis, kamu akan dituntut untuk memimpin orang lain. Sebagai pemimpin, kamu harus tau apa yang menjadi motivasi dari tiap anggota tim. Dan dari sana, Kamu bisa menentukan apresiasi apa yang bisa diberikan kepada mereka untuk mendukung semangat kerja mereka.


2. Mengidentifikasi Masalah dan Berusaha Menyelesaikannya

Sebagai pebisnis, kamu tidak melihat masalah sebagai kesulitan namun sebagai kesempatan. Ketika bisnis kamu tidak bisa menyelesaikan masalah, justru itu akan menjadi masalah besar. Temukan masalah yang ada di pasar tertentu, lalu temukan produk/layanan apa yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.


3. Mencari Koneksi yang Luas dan Tepat

Sebagai seorang pebisnis, mau tidak mau kamu harus memilih lingkup jaringan yang tepat untuk perkembangan diri kamu. Sebagai seorang pebisnis, kamu tidak bisa menguasai seluruh bidang pekerjaan. Padahal, sebuah usaha membutuhkan bagian finansial, teknologi, marketing, dan lain sebagainya. Carilah mentor yang ahli di bidang-bidang tersebut untuk memberikan kamu masukan maupun saran mengenai masalah yang Anda hadapi.


4. Lakukan Perencanaan, Pengembangan, dan Review Berulang Kali

Tidak ada produk yang bisa jadi secara sempurna dalam sekejap, bukan? Untuk setiap langkah yang strategi yang Kamu buat sebagai pebisnis, kamu harus membuat perencanaan, pengembangan, mengulas produkmu, membuatnya menjadi lebih baik lagi.


5. Terus Belajar dan Bertumbuh

Tidak ada kata berhenti untuk belajar. Pebisnis sukses di dunia menyadari bahwa banyak hal yang belum mereka ketahui di dunia ini, bahkan meskipun mereka sudah mencapai kesuksesan yang sangat besar. Pengembangan diri dimulai dari belajar, baik itu melalui artikel, blog maupun buku.


Hayo yuk mulai sekarang asah pola pikirmu supaya impian menjadi pebisnis sukses bisa tercapai. Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!








61 views0 comments

Recent Posts

See All