top of page

Rahasia Diskon Gak Bikin Rugi!




Hai bestie keuangan, pasti disini pengen kan orderannya kebanjiran mulu. Nah salah satu caranya yaitu dengan buat promosi atau diskon. Nah tapi pemberian diskon ini juga harus diperhitungkan yaa jangan sampai malah karena diskon, bisnis kamu malah rugi. Nah ini dia nih strategi hitung diskon biar gak rugi !


1. Hitung Semua Biaya Produksi

Semua biaya produksi mulai dari bahan baku, biaya listrik, transportasi, dan sebagainya harus dihitung ya bestie ! Kalo bisnis kamu retail,berarti hitung semua biaya transportasi atau jasa pengiriman, penanganan gudang, dan pengeluaran lainnya. Ini untuk mengetahui berapa modal yang sudah kamu keluarkan untuk melakukan penjualan.


2. Hitung HPP

Setelah menghitung semua biaya produksi, selanjutkan kamu perlu menghitung harga dasar produk atau HPP per produk. Dari situ, kamu bisa melihat harga dasar tiap produk tanpa ditambahi margin profit.


3. Tentukan Margin Profit

Selanjutnya, kamu pun perlu menentukan berapa margin profit yang kamu harapkan pada produkmu. Bagaimana menentukannya? caranya kamu perlu riset. Lihat produk serupa milik pesaing di pasaran. Apakah hargamu kompetitif atau tidak. Kamu bisa menentukan harga lebih murah, atau bahkan lebih mahal jika yang kamu tekankan adalah kualitas dalam pemasaranmu. Perhatikan juga permintaan dan penawaran di pasar. Kamu bisa menetapkan harga sedikit lebih tinggi jika permintaan juga tinggi.


4. Menentukan Diskon

Dengan mengetahui harga dasar dan menentukan margin profit, otomatis kamu sudah menentukan harga jual produknya. Dari harga jual inilah, kamu bisa menentukan berapa besaran diskon yang akan diberikan. Pastikan diskon yang kamu tetapkan hanya memotong margin profit saja, tidak sampai memotong harga dasar.


Promosi memang menjadi salah satu kunci untuk menaikkan penjualan toko. Tetapi promosi tanpa strategi hanya akan membuat bisnis merugi. Sebab menggunakan promo diskon juga harus mempertimbangkan keseimbangan antara cost dan omzet yang nantinya akan kamu terima. Jadi pastikan pertimbangkan dengan bijak ya! Dan untuk menambah networking bisnis kalian bisa ikut Smart Financial Map, Dimana disana kamu bisa bertemu dengan banyak pebisnis dari seluruh Indonesia. Langsung daftarkan dirimu di Smartfinancialmap.com

Belajar Keuangan Bisnis ya di Ilmu Keuangan !






20 views0 comments

Comments


bottom of page