Rahasia Membangun Bisnis Rental !!




Siapa disini yang masih bingung ingin bisnis apa? Nah bisnis rental mobil bisa jadi salah satu pilihan ide bisnismu. Nah Mau Tau Gak Apa Saja yang diperkukan Untuk Memulai Rental Mobil ?

Berikut cara yang dapat kita terapkan jika kita ingin membuka usaha rental mobil :


1. Memilih Mobil

Kunci kesuksesan bisnis rental mobil ada pada jenis mobil yang disewakan. Oleh sebab itu, Anda harus memilih mobil yang disukai oleh banyak orang.

Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia masih menjadi favorit masyarakat. Kedua mobil ini dapat membawa banyak penumpang dan konsumsi bahan bakarnya irit.

Harga pembelian mobil MPV atau minibus di atas masih cukup terjangkau. Selain itu, biaya perawatannya juga lebih murah. Hal ini tentu lebih menguntungkan Anda sebagai pemilik usaha.


2. Hindari Mobil Bekas

Anda sebaiknya membeli mobil baru untuk memulai usaha rental mobil. Mengapa?

Sebagus apa pun kondisi mobil bekas, performanya tidak akan sebaik mobil baru. Jangan mempertaruhkan kenyamanan pelanggan dengan membeli mobil bekas.

Faktanya, mobil bekas harus lebih sering masuk bengkel. Hal ini disebabkan oleh spare part yang sudah usang sehingga lebih rentan rusak.

Alih-alih menekan modal, biaya perawatan justru akan membengkak. Lebih baik Anda membeli mobil baru. Biasanya dealer akan memberikan gratis biaya perawatan selama masa garansi.


3. Regulasi Rental Mobil

Bisnis sewa mobil memang mudah dikelola tapi risikonya juga cukup tinggi. Tak jarang terjadi kasus penggelapan mobil sewaan. Untuk mencegah hal tersebut, Anda sebaiknya menerapkan beberapa peraturan.

•Membuat surat kesepakatan antara pemilik rental mobil dengan konsumen. Surat ini harus dibubuhi dengan materai agar memiliki kekuatan hukum.

•Meminta jaminan berupa KTP kepada penyewa.

•Meminta penyewa untuk mengisi formulir yang berisi data diri serta kontak yang dapat dibungi.

•Memasang serangkaian alat pendeteksi lokasi atau GPS pada mobil agar dapat dipantau dari jarak jauh.


4. Daftarkan Asuransi

Asuransi menjadi hal penting dalam bisnis rental mobil. Perusahaan asuransi memberikan perlindungan apabila terjadi kerusakan unit, kecelakaan, dan kehilangan.

Mendaftarkan mobil ke perusahaan asuransi membuat Anda sedikit lebih tenang. Setidaknya ada pihak yang dapat melindungi Anda jika terjadi hal-hal yang merugikan.

Apabila Anda menyediakan jasa sopir, jangan lupa untuk mendaftarkan orang tersebut ke perusahaan asuransi.

Kita tidak akan pernah bisa mengetahui hal yang akan terjadi di perjalanan. Itulah pentingnya berjaga-jaga.


5. Strategi Marketing

Ketika semua sumber daya telah siap, kini saatnya Anda menyiapkan strategi pemasaran. Dalam menyusun strategi, Anda perlu mengetahui target pasar, di mana tempat Anda mendirikan usaha, harga sewa dan denda, serta cara promosi yang tepat.

Promosi menjadi salah satu kekuatan yang paling berpengaruh dalam pemasaran. Tujuan sebuah perusahaan melakukan promosi yaitu mengenalkan bisnis kepada masyarakat luas.

Gunakanlah metode promosi melalui media sosial, website, dan mendaftarkan bisnis di Google. Buatlah promosi yang menarik untuk memikat calon pelanggan baru.

Sebagai langkah awal agar masyarakat mengenal bisnis Anda, terapkan sistem diskon dan pemberian bonus atau hadiah kepada beberapa penyewa pertama.


6. Mengelola Keuangan

Poin terakhir namun tidak boleh dilewatkan yaitu mengelola keuangan bisnis. Bagaimana caranya? Mulailah dengan mengelola keuangan dengan cara pembukuan sederhana.

Dalam melakukan pembukuan rental mobil ini nantinya berisi seluruh transaksi yang masuk maupun keluar, semua transaksi yang tercatat harus disertai dengan bukti seperti kuitansi dan faktur.


Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!





17 views0 comments

Recent Posts

See All