Rekonsiliasi Bank Untuk Apa Sih?




Rekonsiliasi bank untuk apa sih ? Rekonsiliasi bank diperlukan dalam perusahaan untuk meminimalisir adanya perbedaan antara saldo dari perusahaan, dengan saldo yang dicatat di dalam laporan keuangan. Oleh sebab itu, ada satu solusi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan perbedaan antara saldo catatan perusahaan dengan saldo yang ada di dalam rekening bank, yang dinamakan rekonsiliasi bank.


Nah Rekonsiliasi bank adalah suatu kegiatan untuk merincikan perbedaan catatan transaksi antara milik bank dengan suatu perusahan. Perincian tersebut dilakukan untuk memverifikasi dan mencocokan catatan keuangan yang ada di perusahaan selaku nasabah dengan bank, selaku pengelola transaksi keuangan


Alasan Rekonsiliasi Bank Perlu Dilakukan

  1. Tujuan utama dari rekonsiliasi bank ini adalah untuk menyamakan catatan laporan keuangan antara perusahaan dan bank. Dengan rekonsiliasi, maka catatan laporan perbankan dan perusahaan akan lebih akurat dan lebih terstruktur.

  2. Perusahaan dapat mencari tahu titik kesalahan atau penyebab ketika ada selisih antara laporan bank dengan pembukuan perusahaan.

  3. Rekonsiliasi bank dapat digunakan untuk mengontrol aktivitas masuk dan keluarnya uang dari suatu perusahaan.

  4. Untuk memverifikasi ketelitian pencatatan keuangan dalam rekening kas perusahaan dengan catatan bank.

  5. Rekonsiliasi bank digunakan untuk mengetahui informasi aktivitas keuangan yang belum tercatat di laporan keuangan dengan menggunakan catatan dari bank.


Lalu kapan sih waktunya rekonsiliasi bank ?

Umumnya, rekonsiliasi bank dapat dilakukan setidaknya sebulan sekali, tepatnya pada akhir bulan. Proses rekonsiliasi bank dilakukan setelah perusahaan menerima laporan bank yang berisi saldo awal dan akhir, serta transaksi selama sebulan.


Namun, akan lebih baik lagi jika rekonsiliasi bank dapat dilakukan setiap hari, yaitu dengan cara mengakses laporan keuangan melalui situs resmi bank yang didaftar. Ketika melakukan rekonsiliasi setiap hari, ketika ada selisih atau ada hal yang janggal dapat diketahui secara langsung dan dapat diselesaikan secara langsung.


Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!




10 views0 comments

Recent Posts

See All