Sebenarnya CALK Itu Penting Gak ?




Laporan keuangan merupakan salah satu hal yang esensinya krusial bagi perusahaan. Bagaimana tidak, laporan ini berisi seluruh catatan keuangan perusahaan selama satu periode tertentu, baik itu transaksi maupun kas.Salah satu laporan yang penting dalam akuntansi perusahaan adalah catatan atas laporan keuangan (CALK). Catatan atas laporan keuangan (CALK) adalah catatan atau informasi tambahan yang ditambahkan ke bagian akhir laporan keuangan.


Fungsi lain dari catatan atas laporan keuangan adalah membantu menjelaskan perhitungan item tertentu yang ada di laporan keuangan sehingga bisa memberikan nilai komprehensif terhadap kondisi keuangan sebuah perusahaan.


Bukan hanya itu saja, melalui catatan ini perusahaan bisa menyajikan informasi tentang hutang piutang, kelangsungan usaha, kewajiban kontinjensi, dan informasi kontekstual lainnya.


Selain itu, pilihan kebijakan, metode, dan taksiran akuntansi penting perusahaan harus didiskusikan dalam catatan atas laporan keuangan. Misalnya, catatan yang berisi ringkasan kebijakan akuntansi mencakup bagaimana perusahaan mengakui pendapatannya dan mendepresiasikan aset tetap.


Pengguna harus memahami pilihan akuntansi yang dibuat perusahaan dan menentukan apakah mereka mirip dengan perusahaan lain yang diidentifikasi dan digunakan sebagai tolok ukur atau perbandingan. Jika kebijakan perusahaan yang dibandingkan berbeda, pengguna yang memahami akuntansi dan pelaporan keuangan seringkali dapat melakukan penyesuaian yang diperlukan sehingga data laporan keuangan yang digunakan lebih dapat dibandingkan.


Bagi banyak perusahaan, catatan keuangan memberikan informasi penjelas tentang setiap item baris (atau hampir setiap item baris) pada neraca keuangan dan laporan laba rugi. Selain itu, pengungkapan catatan biasanya mencakup informasi tentang: instrumen keuangan dan risiko yang timbul dari instrumen keuangan, komitmen dan kontinjensi, proses hukum, transaksi pihak terafiliasi, peristiwa yang terjadi setelah tanggal neraca, akuisisi dan pelepasan bisnis, dan laporan kinerja segmen operasi.


Sekarang sudah tahu kan pentingnya CALK? nah sekarang kamu perlu belajar keterampilan dalam membuat laporan keuangan. Sehingga tidak salah dan asal-asalan dalam membuatnya. Ilmu keuangan memiliki e-course Basic Finance yang cocok untuk kamu yang ingin belajar keuangan bisnis dari basic. Daftarkan dirimu sekarang




14 views0 comments

Recent Posts

See All