Segudang Manfaat Menggunakan Rasio Aktivitas




Pemeran dalam dunia bisnis harus benar-benar memahami kinerja keuangan mereka. Bahkan menilai kinerja keuangan bukanlah tugas yang mudah, kita harus memahami seluk beluknya agar bisa mendapatkan keuntungan.


Dengan memahami bagaimana kinerja keuangan bisnis atau perusahaan kita, dapat membantu kita mempertimbangkan dan memutuskan langkah apa yang harus diambil dan kebijakan apa yang perlu dikeluarkan untuk menyelamatkan perusahaan, jika perusahaan sedang krisis atau perusahaan ingin melebarkan sayap skalanya. . Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja keuangan suatu perusahaan adalah dengan menghitung rasio aktivitasnya.


Penerapan rasio aktivitas merupakan metode penilaian kinerja keuangan, dan baik pengusaha berpengalaman maupun pemula harus menguasainya. Rasio aktivitas adalah rasio yang digunakan untuk mengukur apakah penggunaan sumber daya perusahaan secara efektif mendukung aktivitas perusahaan. Selain membantu manajemen dalam mengambil keputusan, penerapan rasio aktivitas juga dapat digunakan untuk mengukur kinerja manajemen dalam mencapai tujuan perusahaan yang telah ditentukan.


Ada beberapa jenis rasio aktivitas, yaitu tingkat perputaran piutang, tingkat perputaran persediaan, rata-rata hari persediaan, tingkat perputaran modal kerja, tingkat perputaran total aset, tingkat perputaran aset tetap) dan rata-rata umur piutang.


Dengan menggunakan rasio aktivitas, perusahaan akan memperoleh keuntungan sebagai berikut:


  1. Perusahaan dapat memahami efektifitas kinerja perusahaan dalam penagihan piutang, karena dengan mengetahui rasio maka perusahaan dapat memahami berapa lama piutang dapat ditagih dalam satu periode, dan juga dapat memahami tingkat perputaran piutang.

  2. Perusahaan dapat mengetahui rata-rata hari penagihan (hari) piutang dan rata-rata jumlah hari yang tidak dapat ditagih.

  3. Perusahaan dapat mengukur rata-rata piutang yang terkumpul dalam satu tahun.

  4. Perusahaan dapat menemukan jumlah hari rata-rata suatu barang telah disimpan di gudang dan membandingkannya dengan tujuan perusahaan dan rata-rata industri dari periode sebelumnya.

  5. Perusahaan juga dapat mengetahui tingkat perputaran modal dan membandingkannya dengan penjualan yang direalisasikan untuk setiap perputaran modal.

  6. Perusahaan dapat mengetahui perputaran dana yang ditanamkan setiap periodenya.

  7. Perusahaan dapat mengetahui penggunaan aktiva-aktiva perusahaan dan membandingkannya dengan penjualan dalam satu periode.

Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan.

Dapatkan harga khusus hari ini.



135 views0 comments

Recent Posts

See All