Strategi Bakar Uang Di Perusahaan Startup



Strategi bisnis adalah langkah-langkah yang akan membantu perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis yang spesifik. Sebelum membuat formulasi strategi bisnis, anda harus tahu sebenernya apa yang menjadi Visi bisnis anda.


Apa itu Strategi Bakar Uang?

Bakar uang adalah strategi yang banyak diterapkan oleh perusahaan digital di tanah air. Bakar uang menjadi istilah yang ramai identik dengan perusahaan start up saat memulai bisnisnya. Bakar uang berarti perusahaan banyak menggelontorkan modal tanpa mendapat keuntungan. Namun, langkah ini diperlukan oleh beberapa start up untuk segera mengakselerasi bisnisnya agar berlari kencang. Mereka melakukan promosi besar untuk memberikan cashback dan diskon. Cashback dan diskon dipilih sebagai strategi marketing agar masyarakat mau menggunakan platform tersebut dan merasakan kemudahan dan kenyamanan (user experience) dalam transaksi. Director of Enterprise Payment, OVO, Harianto Gunawan mengatakan bakar duit atau insentif adalah cara untuk menciptakan kepercayaan kepada masyarakat. Karena dibandingkan dengan perbankan yang sudah membangun kepercayaan bertahun-tahun, e-wallet merupakan hal baru bagi masyarakat.


Manfaat berupa keuntungan dari bakar uang tak bisa dirasakan secara langsung. Manfaat itu baru terasa dalam waktu 10 tahun yang akan datang. Bukan hanya di Indonesia, hal itu terjadi pula di Amerika Serikat, China, dan Eropa. Contohnya Alibaba. Ketika berdiri pada 1999, menurut Bari, Alibaba melakukan bakar uang. Mereka lantas mendapatkan manfaat berupa profit, dengan meraih tingkat penjualan tertinggi di dunia pada 2009. Namun, juga ada startup yang akhirnya bangkrut setelah melakukan bakar uang besar-besaran. Contoh startup co-working space kelas dunia asal Amerika Serikat, WeWork, yang punya valuasi sebesar US$47 miliar, baru-baru ini mengalami kerugian hingga US$2 miliar. Strategi bakar uang ini takbisa dilakukan secara berkelanjutan alias hanya dalam jangka waktu tertentu. Setelah bakar uang, perusahaan harus kembali fokus untuk bisa mendapatkan profit.


Strategi bakar uang di industri digital banyak perhatian karena kerap tidak hanya digunakan agar industri dapat bertahan, tetapi sebagai strategi untuk mematikan pesaing. Namun, strategi bakar uang bukanlah satu-satunya solusi yang dapat dilakukan, terutama untuk menarik konsumen. Masih ada cara lain yang lebih konkret, seperti meningkatkan kualitas pelayanan.

237 views0 comments

Recent Posts

See All