Sudah tau Free Cash Flow ?



Udah pada tau belum Free Cash Flow atau arus kas bebas itu apa ? Jadi Free Cash Flow yaitu salah satu alat pengukur pertumbuhan, kinerja keuangan, dan kesehatan perusahaan. Nah Free Cash Flow ini mencerminkan kas yang tersisa dari aktivitas operasional usaha yang dapat digunakan untuk membayar dividen, ekspansi, atau pelunasan hutang. Jadi semakin banyak Free Cash Flow menggambarkan kinerja keuangan perusahaan baik. Sehingga Free Cash Flow ini dapat menjadi indikator untuk melihat profitabilitas sebenarnya dari bisnis manapun.


Namun perlu diketahui bahwa salah satu kelemahan dalam mengunakan metode free cash flow adalah bahwa pengeluaran modal dapat bervariasi secara dramatis dari tahun ke tahun dan antar industri yang berbeda. Sehingga sangat penting untuk mengukur free cash flow selama beberapa periode bersama dengan latar belakang perusahaan. Hal ini dikarenakan, free cash flow yang sangat tinggi mungkin mengindikasikan bahwa perusahaan tidak melakukan investasi dalam bisnisnya dengan baik. Dan juga sebaliknya, free cash flow yang negatif tidak selalu berarti perusahaan mengalami kesulitan keuangan, namun bisa jadi sedang berinvestasi besar-besaran untuk memperluas pangsa pasar, yang kemungkinan akan mengarah pada pertumbuhan di masa depan.


Rumus Perhitungannya adalah sebagai berikut :

Free Cash Flow = Pendapatan bersih + [depresiasi + amortasi + komponen berbasis saham + biaya penurunan nilai + untung / rugi investasi] – [(AR saat ini – AR lalu) + (AP saat ini – AP lalu)] – [PP&E saat ini – PP&E lalu + depresiasi & amortasi]


Atau secara sederhana :

Arus Kas dari Aktivitas Operasional – Pengeluaran Modal (Capital Expenditures) (CaPex)


ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.



36 views0 comments

Recent Posts

See All