top of page

Tanah itu Didepresiasi gak sih ?




Tanah itu di depresiasi gak sih ? Penasaran yuk kita bahas ! Jadi Tanah merupakan salah satu jenis aktiva tetap yang perlakuan dalam akuntansinya berbeda dengan aktiva tetap lainnya. Sebuah aktiva tetap pada umumnya mengalami penyusutan atau depresiasi, namun penyusutan tersebut tidak berlaku untuk aktiva tetap berupa tanah. Hal ini dikarenakan nilai sebuah tanah akan selalu meningkat seiring dengan perkembangan pasar.


Aktiva tetap berupa tanah dalam akuntansi dinilai berdasarkan harga perolehan. Harga perolehan tanah yaitu seluruh biaya yang diperlukan untuk memperoleh tanah tersebut sampai tanah siap untuk digunakan dalam operasional sebuah perusahaan. Biaya tersebut meliputi:


  1. Biaya pembelian tanah, termasuk harga bangunan diatasnya, harga tanaman, dan prasarananya.

  2. Biaya konstruksi, jika lahan tanah diciptakan terlebih dahulu.

  3. Biaya relokasi dan ganti rugi penghuni.

  4. Biaya pembelian tanah lain jika digunakan sebagai pengganti.

  5. Biaya komisi jual beli tanah.

  6. Biaya pinjaman.

  7. Biaya pematangan tanah, bila ada.


Lalu ada gak sih kondisi dimana tanah mengalami penyusutan ? Jadi pada umumnya tanah tidak mengalami penyusutan, justru malah mengalami kenaikan dikarenakan nilainya yang terus bertambah mengikuti perkembangan pasar. Namun dalam kondisi tertentu, tanah bisa saja menimbulkan penyusutan. Kondisi tertentu yang dimaksud yaitu:


  1. Kondisi kualitas tanah tidak layak lagi untuk digunakan dalam operasional utama perusahaan.

  2. Sifat dari operasional utama perusahaan meninggalkan tanah dan bangunan saat proyek selesai, contohnya tanah dan bangunan di kawasan terpencil disusutkan sesuai dengan perkiraan lamanya proyek berjalan.

  3. Adanya kepastian maupun perkiraan bahwa perpanjangan hak atas tanah kemungkinan besar tidak diperoleh.

Apabila tanah mengalami penyusutan dikarenakan kondisi di atas, maka disajikan berdasarkan nilai perolehan lain sesuai dengan revaluasi tanah atau PSAK tentang penurunan nilai aset, dikurangi akumulasi penyusutan.


Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!




12 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page