Term of Payment



Beberapa dari Kamu yang berhubungan langsung dengan keuangan perusahaan atau sering melakukan transaksi keuangan dengan jumlah yang besar, pastinya sudah gak asing lagi sama istilah term of payment (TOP).Term of payment dapat diartikan sebagai adalah suatu aturan pembayaran dimana aturan tersebut berisi cara pembayaran dan juga waktu pembayaran yang harus dilakukan. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis term of payment yang sering kita jumpai !


1. Cash on Delivery (COD)

Untuk kamu yang sering belanja online, pastinya sudah gak asing lagi dengan istilah COD atau Cash on Delivery. Nah,COD ini salah satuterm of payment dimana pihak pembeli harus langsung melakukan pembayaran ketika saat itu barang sudah diterima.


2. Cash Before Delivery (CBD)

Jadi, CBD adalah suatu sistem pembayaran yang mewajibkan setiap pembeli untuk melakukan pembayaran terhadap produknya terlebih dahulu sebelum dikirim. Jenis term of payment seperti ini sudah sering sekali digunakan, khususnya pada jenis transaksi dengan jumlah pembayaran yang tidak terlalu besar.


3. Net d Days

Net d Days adalah istilah yang digunakan saat pembeli melakukan pembayaran secara penuh pada hari barang tersebut akan diterima. Sebagai contoh, jika net 30 days, maka itu artinya pembeli harus menyelesaikan pembayaran secara penuh dalam kurun waktu 30 hari.


4. Cash in Advance

Jenis term of payment selanjutnya yang sering digunakan adalah cash in advance dimana metode pembayarannya harus dilakukan terlebih dahulu kepada pihak penjual. setelah pembeli memberikan uangnya kepada penjual, selanjutnya barang tersebut akan dikirimkan oleh penjual. Dengan kata lain, pihak penjual tidak akan mengirimkan barangnya sebelum pihak pembeli menyelesaikan pembayaran terhadap produk barang yang diinginkannya.


5. End of Month (EOM)

End of Month atau EOM adalah cara pembayaran dimana setiap pembayarannya dilakukan dengan batas maksimal waktu yang diberikan. Dalam hal ini batas maksimal waktu yang diberikan adalah setiap akhir bulan atau pihak pembeli harus mampu menyelesaikan pembayaran maksimal 30 hari setelah akhir bulan.


Setelah tau mengenai macam-macam TOP, pastinya kamu sanga tperlu ilmu dan keterampilan mengelola dan menganalisis keuntungan tersebut supaya keuangan bisnis kamu tetap sehat. Ilmukeuangan.com akan membahas lengkap tentang cara melakukan revenue analysis di E-course Revenue Analysis. Dapatkan harga khusus hari ini !







9 views0 comments

Recent Posts

See All