Termin Pembayaran Ada Apa Aja Sih?




Mungkin kamu pernah mendengar istilah termin. Terutama kamu sebagai pelaku bisnis, istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Arti termin sendiri selalu berkaitan dengan pembayaran atas sebuah cicilan.


Dalam penggunaanya, pembayaran dengan cara ini memiliki beberapa jenis. Tentu saja setiap jenis ini memiliki kelebihan masing – masing. Jenis termin yang digunakan juga akan tergantung dengan kesepakatan di awal antara pengguna dan penyedia.


Pada prosesnya kedua belah pihak, antara penjual dan pengguna akan memilih jenis termin yang menguntungkan dan memudahkan lalu mereka akan menyepakati hal tersebut. Jenis termin ini juga akan berpengaruh dengan waktu bayar, jumlah bayar, dan yang lainnya.


1. Syarat EOM (End of Month)


Syarat pembayaran seperti ini harus dilunasi secara akhir bulan yang berjalan, dan tanggal berapa saja ingin dibayar maka pelunasan wajib memiliki jatuh tempo akhir bulan untuk segera dilunasi. Misalnya pembelian tanggal 10 April 2020, maka batas akhir pelunasannya tanggal 31 April 2020 tanpa potongan.


2. Syarat n/30


Biasanya jenis pembayaran ini sering dijumpai seperti n/30, yang merupakan syarat pembayaran dengan ketentuan tenggang waktu selama 30 hari setelah transaksi.


Namun syarat ini juga bisa dilakukan secara n/45, n/50, n/60 dan seterusnya, tergantung kesepakatan yang dilakukan oleh kedua pihak. Misalnya ditanggal 02 April 2020 perusahaan membeli barang senilai Rp15.000.000 dengan syarat n/30 tanpa ada potongan, maka jatuh tempo pelunasan tersebut segera dilunasi per 31 April 2020.


3. Syarat n/10, dengan EOM


Sebagai syarat n/10 EOM berarti ketentuan pelunasannya memiliki jatuh tempo 10 hari setelah tanggal akhir bulan. Namun angka 10 belum tentu ditetapkan, tergantung atas kesepakatan kedua pihak, biasanya yang dipakai 10 atau 15 hari dan juga tidak memiliki potongan pembayaran.


Misalnya tanggal 15 April 2020 perusahaan membeli barang Rp15.000.000, sehingga pembayaran paling lama 10 hari setelah akhir bulan yaitu pada tanggal 10 Mei 2020.


4. Syarat 2/10, n/30


Jenis termin ini sering digunakan oleh perusahaan seperti 2/10, n/30. Syarat ini melakukan pembayaran paling lama setelah 30 hari. Namun dari segi perbedaannya ketika pelunasan kurang dari 10 hari sejak pembelian barang, maka Anda mendapatkan potongan sebesar 2% yang dapat menguntungkan kedua pihak.


5. Syarat 2/10, EOM


Jenis syarat ini memiliki jatuh tempo pembayaran akhir bulan berjalan, dimana pembayaran tersebut dilakukan 10 hari setelah tanggal transaksi sehingga mendapatkan potongan sebesar 2%.


Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!





25 views0 comments

Recent Posts

See All