Ternyata Laba Ditahan Itu Penting




Di dalam menjalankan bisnis tentu saja selain bersinggungan dengan modal pasti juga akan berkutik dengan laba, dimana laba merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kelancaran jalannya suatu bisnis. Dalam ilmu akuntansi, selain laba ada juga istilah laba ditahan. Laba ditahan adalah istilah untuk laba yang tidak dibagi. Dimana besaran nilai laba ini dipengaruhi oleh banyak hal misalnya perubahan pajak perusahaan, perubahan harga pokok produksi, perubahan harga pokok penjualan, perubahan harga pokok pesanan, perubahan penerimaan bersih, perubahan jumlah dividen yang akan dibayar kepada pemegang saham, serta perubahan biaya administrasi.


Lalu sebenarnya apasih pentingnya laba ditahan ? Yu kita simak selengkapnya !!!

  • Sebagai Modal Cadangan

Manfaat pertama yaitu sebagai cadangan modal apabila suatu saat perusahaan mengalami kendala finansial. Dengan adanya dana dari laba yang ditahan atau tidak dibagikan menjadi dividen tersebut bisa menjadi tambahan dana agar perusahaan terus bisa berjalan dengan baik tanpa perlu meminjam uang dari pihak lain misalnya bank.

  • Sebagai Perkembangan atau Investasi Perusahaan Di Masa Depan

Perusahaan tentu saja tidak boleh berjalan ditempat atau bahkan menurun. Perusahan harus terus bisa eksis dan berkembang. Laba yang ditahan ini bisa digunakan dalam pengembangan usaha atau investasi perusahaan, termasuk investasi di bisnis lain.

  • Untuk Membayar Hutang Perusahaan

Manfaat laba ditahan yaitu agar perusahaan tetap berjalan dan nama baik perusahaan tetap dijaga maka kewajiban akan hutang harus dibayar. Oleh karena itu perusahaan bisa melakukan perencanaan pembayaran hutang dengan laba ditahan khususnya hutang yang akan segera jatuh tempo.


Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!

  • Untuk Membiayai Operasional Perusahaan

Dalam menjalankan operasionalnya, sebuah perusahaan harus memiliki dana yang cukup termasuk dana dalam kas besar dan kas kecil. Laba ditahan juga berguna untuk membiayai operasional perusahaan dengan tujuan agar perusahaan bisa tetap beroperasi dengan harapan bisa terus berkembang lebih besar.

Hal ini biasanya diambil sebagai keputusan apabila laba yang diperoleh perusahaan jumlahnya kecil


Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!








46 views0 comments

Recent Posts

See All