Tips Manajemen Aset




Di dalam suatu perusahaan pasti memiliki asset baik asset berwujud maupun tak berwujud. Mengelola asset bukan tugas yang mudah, apalagi jika asset perusahaan kamu jumlahnya banyak.


Sehingga diperlukan seseorang yang bertanggung jawab dan mengerti cara kerjanya. Namun ada beberapa tips yang akan Ilmu Keuangan bagi agar mudah dalam melakukan manajemen asset.


1. Tentukan Penanggung Jawab dan Tim Yang Andal & Terpercaya Dalam Mengelola Aset

Menfokuskan pengelolaan aset pada satu tim akan menjadi lebih ringan dibandingkan jika dikerjakan bersamaan dengan hal yang lainnya. Carilah tim yang handal, bertanggung jawab dan dapat dipercaya untuk mengelola aset perusahaan. Jika bisnis kamu masih berskala kecil, maka satu atau dua orang saja cukup untuk bertanggung jawab terhadap manajemen aset bisnis kamu. Namun apabila perusahaan kamu besar, maka diperlukan tim yang memang difokuskan untuk mengelola dan menjaga aset perusahaan kamu.


2. Mengenal Siklus Hidup Aset perusahaan

Mengenal siklus hidup aset mulai dari ketika kamu membelinya hingga ketika aset sudah tidak dapat digunakan lagi sangatlah penting. Perusahaan harus dapat memperkirakan berapa lama dapat digunakan dan kapan untuk dilakukan pemeliharaan. Hal ini akan berpengaruh pada saat perusahaan akan memilih atau membeli lagi aset yang baru.


3. Lacak Aset Secara Berkala

Pengecekan dan tracking asset secara berkala juga penting dilakukan. Tanpa pengecekan aset secara rutin, perusahaan kamu dapat mengalami kerugian secara finansial. Sebab, kamu bisa dibebankan pada pembayaran pajak, asuransi, pembelian, dan pemeliharaan aset yang sebenarnya tidak diperlukan.


4. Mengetahui Depresiasi Aset dengan Baik

Penting sekali untuk mengetahui penyusutan atau depresiasi aset perusahaan. Kamu harus mengetahui aset mana saja yang sudah tidak layak digunakan, sehingga kemudian bisa cari tahu penyebabnya. Mungkin selama ini kamu tidak tahu jika ada banyak barang yang telah usang, namun tetap digunakan oleh karyawan yang nantinya menghambat produktivitas.


5. Gunakan Solusi Manajemen Aset Otomatis

Mengelola aset secara manual hanya akan menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya tanpa mendapatkan hasil yang sepadan. Solusinya adalah dengan mengotomatiskan proses manajemen aset kamu, yang terdiri dari pemantauan aset, pengecekkan depresiasi, penjadwalan pemeliharaan, pengelolaan kontrak, analisis biaya, dan pembuatan laporan aset yang lengkap dan akurat. Mengotomatiskan tugas-tugas pengelolaan aset yang kompleks tentunya akan membantu dalam meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas bisnis.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.



20 views0 comments

Recent Posts

See All