top of page

Tips Membuat Diskon Menarik



Salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan adalah memberikan promo atau diskon menarik untuk pelanggan. Namun ketika membuat promosi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berjalan optimal dan efektif. Untuk itu yuk simak artikel ini!!!


1. Menentukan Konsep Promo agar Tetap Untung

Setiap konsep promo yang disusun perlu ada tujuan yang jelas agar promosi bisa berjalan efektif dan perusahaan tetap untung. Diskon besar-besaran terlihat menarik, namun belum tentu cocok dengan tujuan promo yang ingin kamu capai. Sebelum membuat konsep promo diskon tentukan tujuan promosi yang cocok.

Tujuan promosi diantaranya yaitu:


a. Brand Awareness

Brand awareness adalah tentang bagaimana konsumen mengenali suatu perusahaan melalui nama merek, produk yang ditawarkan, tagline produk atau hal lain yang bisa menjadi identitas brand. Konsep promo untuk meningkatkan brand awareness dapat meningkatkan keuntungkan. Sebab, semakin baik branding suatu produk maka akan semakin laris produk tersebut di pasaran.


b. Pengenalan Produk Baru

Pengenalan produk baru adalah salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan menambah keuntungan perusahaan. Produk baru lebih mudah menarik minat pelanggan. Namun, produk baru yang akan launching di pasaran perlu dipromosikan lebih serius supaya bisa mendapat respon baik dari konsumen. Konsep promo yang cocok yaitu memberikan harga diskon saat launching produk.


c. Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Loyalitas konsumen adalah salah satu kunci untuk membantu proses branding dan meningkatkan penjualan. Buatlah promo diskon khusus bagi pelanggan setia agar tidak berpaling ke produk lain yang sejenis.


d. Menarik Target Konsumen Baru

Menarik konsumen baru salah satu tujuan utama dalam strategi promo diskon. Bagaimana caranya di antara banyak produk kompetitor, calon konsumen bisa tertarik dengan produk yang Kamu jual? Salah satu caranya dengan diskon besar-besaran dan jenis promo lainnya.


2. Jenis Promo dan Diskon Paling Banyak Digunakan

Tujuan promosi juga sebagai acuan dalam mengevaluasi hasil promosi nantinya. Mari kita membahas beberapa jenis promo dan diskon yang cukup populer dan cukup mudah dan efektif untuk diterapkan di toko online kamu.


a. Potongan Harga

Promo potongan harga atau diskon cukup populer untuk menarik perhatian konsumen baru atau lama. Trik coret harga masih cukup efektif untuk mendorong minat calon konsumen membeli suatu produk. Trik coret harga lebih meyakinkan calon konsumen bahwa sedang ada diskon besar-besaran.

Cara membuat harga coret yaitu dengan menampilkan harga jual normal yang diberi tanda coret dan juga tampilkan harga promo yang lebih murah.


b. Diskon Ongkos Kirim

Diskon ongkos kirim cocok untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan menaikkan penjualan. Bagaimana cara membuat diskon ongkos kirim agar tetap untung? Caranya adalah dengan memberikan syarat minimal pembelian, hal ini bisa mendorong konsumen untuk menambah daftar produk yang dibeli agar bisa mendapatkan promo gratis ongkos kirim. Kamu tidak akan rugi karena jumlah produk yang terjual bisa lebih banyak daripada sebelum diskon. Maka, keuntungan penjualan pun meningkat dan bisa mensubsidi biaya ongkos kirim tersebut.


c. Bonus Pembelian

Promo bonus pembelian yang bisa kamu terapkan di toko online cukup beragam. Contohnya, program beli satu gratis satu ini efektif untuk mengurangi stok produk yang berlebihan. Selain itu, kamu bisa mencoba program bonus pembelian dengan memberikan tester produk. Konsep promo memberikan bonus tester produk cocok untuk pengenalan produk baru.


d. Cashback

Konsep cashback agak berbeda dengan diskon. Cashback yang didapat pelanggan biasanya setelah transaksi selesai dalam berbentuk nominal yang bisa digunakan untuk membeli produk dari marketplace atau toko online yang sama. Cashback lebih menguntungkan dari sisi penjual untuk meningkatkan loyalitas pelanggan agar melakukan pembelian berulang. Beri konsep promo terbatas untuk program cashback agar eksklusif sehingga pelanggan lebih bersemangat.


e. Flash Sale

Flash sale termasuk jenis promosi terbatas. Flash sale menerapkan konsep diskon besar-besaran yang diberi batas waktu singkat, biasanya dalam hitungan jam saja. Produk yang disediakan dalam program flash sale juga jumlahnya dibatasi. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan khususnya pelanggan baru dan meningkatkan brand awareness.

f. Giveaway atau Kupon Berhadiah

Jenis promo yang efektif selanjutnya adalah giveaway atau kupon berhadiah. Konsepnya sebagai promosi terbatas yang tidak bisa diterima semua orang. Untuk mendapatkan giveaway atau kupon berhadiah pelanggan perlu melakukan suatu tindakan dan pemenang hadiah biasanya berdasarkan undian. Promo giveaway dan kupon berhadiah cocok untuk tujuan promosi meningkatkan brand awareness sebuah perusahaan.


3. Analisis dan Evaluasi Efektifitas Promo yang Dijalankan

Untuk mengetahui apakah promo atau diskon menarik yang dijalankan efektif atau tidak maka perlu analisis dan evaluasi. Jadi, setelah menjalankan suatu promosi bisnis jangan berhenti sampai disitu saja. Kumpulkan data dan informasi yang berhubungan dengan proses promo tersebut. Analisis berapa efektif promo tersebut untuk bisnis kamu. Jika masih kurang efektif, lakukan evaluasi dan perbaiki pada promo berikutnya.


Efektifitas promosi dihitung dari tingkat tercapainya tujuan dari promo tersebut. Misal, jika promo yang kalian jalankan untuk menarik minat konsumen baru. Maka, hitunglah berapa penambahan pelanggan baru selama program promo berlangsung dibandingkan dengan ketika tidak sedang menjalankan promo.

61 views0 comments
bottom of page