Tips Memulai Bisnis Fashion



Gak bisa dipungkiri zaman sekarang, fashion dianggap sebagai identitas sosial dimasyarakat. Antusias masyarakat, khususnya anak muda, sangat tinggi di bidang fashion. Bisnis fashion sendiri merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan karena perkembangannya cepat sekali. Namun jangan terlena dulu. Meskipun peluang sukses berbisnis fashion tampak menjanjikan, kemungkinan bisnis ini gagal juga bisa terjadi. Nah, supaya Kamu bisa sukses dalam bisnis fashion, penting sekali melakukan persiapan dan cara yang tepat. Oleh karena itu, yuk simak tips-tips berikut !!!


1. Lakukan Riset Produk

Riset produk merupakan langkah awal untuk menentukan produk apa yang akan di jual. Langkah ini penting dilakukan. Kamu tak bisa asal memilih produk yang ingin dijual. Kamu membutuhkan data sesuai dengan kondisi pasar. Untuk itu penting sekali mengetahui tren fashion apa yang sedang hits. Tenang, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menganalisis tren fashion. Bisa dengan mengecek Google Trends, atau juga bisa dengan Cek Tren di Sosial Media, atau dengan Survei ke Konsumen.


2. Kenali Target Pasar

Dengan mengetahui target pasar, Kamu bisa menciptakan produk yang disukai dan dibutuhkan.Target pasar juga dapat membantu Kamu untuk membuat strategi pemasaran produk yang tepat. Bisa melalui asumsi sendiri , Misalnya Kamu menjual produk baju kemeja formal wanita. Kira-kira siapa yang akan membeli produk Kamu? Wanita kantoran? Mahasiswa? Guru?

Atau juga bisa dengan melihat kompetitor Kamu. Cobalah lihat produk-produk kompetitor Kamu. Kemudian coba analisis kira-kira siapa target pembelinya? Kamu juga bisa mendapatkan celah dan menciptakan produk yang lebih unggul dari kompetitor Kamu.


3. Buat Business Plan

Business Plan menjadi salah satu persiapan yang dibutuhkan untuk merencanakan hal seperti seperti anggaran, proses transaksi, pengiriman, sistem retur dan sebagainya


4. Foto Produk Menarik

Keestetikan dan mix and match fashion serta pengambilan angle dalam foto produk adalah poin yang penting dalam bisnis fashion untuk membuat konsumen tertarik. Gunakan model dan Pastikan juga Kamu memotret detail-detail produk Kamu dengan baik.


5. Strategi Pemasaran yang tepat

Sama halnya dengan menjalankan bisnis lain, dalam berbisnis fashion, Kamu juga perlu menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Kamu harus membangun image di media sosial secara profesional. Hal ini sangat penting karena di era digital ini, media sosial adalah wadah kamu untuk berkarir sebagai entrepreneur atau pebisnis yang sukses. Dengan menggunakan media sosial secara profesional, kamu juga bisa mulai berkolaborasi dengan influencer, buzzer, maupun publik figur lainnya untuk digunakan sebagai pemotretan brand-mu. Atau bisa juga dengan marketing affiliate


Dan jangan lupa ketika berbisnis untuk selalu mencatat pengeluaran dan pemasukannya. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam memonitor arus kas dan pengeluaran bisnis fashion. Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!





9 views0 comments

Recent Posts

See All