TIPS Mengatasi OMZET Penjualan Turun




Pernah tidak sih berada di fase dimana omzet penjualan bisnis kamu turun ? Kenaikan atau penurunan tersebut adalah hal yang wajar dalam bisnis, baik bisnis yang baru atau yang telah menjalankan bisnis selama bertahun-tahun. Lalu ketika ada di fase tersebut, apa ya yang harus dilakukan ?


Sebagai pebisnis, kamu tak perlu panik dan stres berlebihan menghadapi penurunan omzet. Berikut adalah cara mengatasi omzet penujualan yang turun :


1. Cek, Evaluasi dan Analisis Tren Pasar Lakukan pengecekan data penjualan selama 6 bulan terakhir. Dan lihat faktor apa yang membuat penjualan kamu naik dan turun. Lalu kelompokan misalnya kategori best seller ke bad seller. Lalu lakukan analisa pada tren pasar terkini. Analisa tren pasar ini tujuannya untuk menentukan strategi marketing yang akan digunakan untuk menjual stok produk yang masuk dalam kategori bad seller.


2. Buat Program Flash Sale

Secara umum, semua orang suka dengan diskon. Jadi rajin-rajinlah membuat program promosi seperti flash-sale untuk menarik pembeli lama maupun pembeli baru berbelanja di toko Anda.


3. Buat Program Undian atau Giveaway

Buat give away semenarik mungkin, dan tentukan syarat dan ketentuan juga agar Anda mendapatkan benefit lebih. Misalnya ketentuan give away antara lain wajib mem-follow semua akun media sosial bisnismu , melampirkan struk pembelian produk, dan lain-lain.


4. Luncurkan Produk Baru

Produk baru atau varian baru bisa dijadikan sebagai strategi untuk menarik pelanggan agar berbelanja kembali di bisnis kamu. Kamu juga bsia tambahkan promosi ketika launching produk baru seperti memberikan diskon, buy1 get 1, atau program potongan harga untuk pre-order dan lain lain agar omzet bisnis kamu naik.

5. Adakan Promo Paket Bundling Khusus

Khusus untuk yang ingin menaikan omzet sekaligus menghabiskan barang lama, cara ini bisa dilakukan. Kamu bisa melakukan strategi dengan mix and match antara barang-barang yang paling laris di pasaran dengan barang-barang stok lama supaya lebih cepat laku terjual.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.



26 views0 comments

Recent Posts

See All