Tips Pilih Partner Bisnis




Ketika kita berbisnis terkadang, kita merasa sanggup untuk mengerjakan semuanya sendiri. Akan tetapi sering kali, kita butuh bantuan agar semua rencana bisnis dapat terlaksana dengan maksimal dan sesuai target. Sehingga ada kemungkinan kamu butuh rekan yang tapat untuk berkolaborasi. Namun, memilih rekan untuk menjalankan bisnis bersama bukan suatu hal yang mudah.


Berikut lima hal yang perlu kamu perhatikan saat mencari teman bisnis agar rencana bisnis bisa berjalan dengan lancar :

1. Pastikan Punya Visi dan Misi yang Sama

Sejak awal membahas bisnis yang mau dibangun bersama, kamu harus memastikan bahwa visi dan misi semua yang terlibat sama. Selain itu memiliki tujuan yang sama dalam memulai bisnis adalah landasan utama yang harus kamu miliki ketika memilih rekan untuk diajak bekerja sama. Diskusi visi dan misi ini harus kamu lakukan dan selesaikan urusannya sesegera mungkin supaya gak mengganggu manajemen usaha, mulai dari aspek keuangan, operasional, hingga pemasaran. Karena ketika kamu dan rekanmu sudah memiliki visi misi sama, secara otomatis bisnis akan berjalan dengan lebih lancar.


2. Pilih Teman yang Serius dan Memiliki Passion untuk Bisnis

Memiliki teman bisnis yang serius dan memiliki passion untuk bisnis sangatlah penting. Mereka yang serius akan mempertimbangkan segalanya dari A sampai Z dan siap mendedikasikan diri untuk bisnis yang kalian bangun. Sementara passion akan membuat bisnis yang kalian jalani lebih “hidup” alias gak kaku dan bisa terus berinovasi. Kedua hal tersebut dapat menyalakan hasrat untuk menjalankan bisnis dengan maksimal.


3. Pilih Teman yang Mau Berkomitmen

Komitmen kamu dan teman yang berbisnis bersama menjadi penting untuk menghadapi berbagai tantangan dan kegagalan yang pasti datang. Selain itu, komitmen juga penting agar kalian terus bertahan walaupun sedang dihadapkan dengan masalah.


4. Pilih Teman yang Memiliki Skill yang Berbeda dengan Kamu

Sebaik-baiknya teman bisnis adalah mereka yang punya skill khusus yang berbeda denganmu, dan bisa menyempurnakan skill set bisnismu. Contohnya, kamu yang baru lulus studi perhotelan punya cita-cita membuka bisnis penginapan berkonsep bed and breakfast. Untuk mendukung rencana bisnis, kamu tentu butuh strategi marketing dan/atau keuangan yang baik. Kamu bisa mengajak teman yang cakap urusan marketing, yang tertarik dengan ide bisnismu.


5. Dapat Menerima Kritik dan Masukan

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan harus terus belajar agar kesalahan yang sama tidak terulang. Ketika menjalani usaha bersama, tentu akan ada banyak masukan atau kritik yang harus dihadapi. Oleh karena itu, usahakan calon rekan bisnis kamu adalah orang yang terbuka dan mau menerima kritik yang membangun. Dengan demikian, seluruh permasalahan yang timbul dapat diselesaikan secara baik dan akan meningkatkan kualitas bisnismu.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.



61 views0 comments

Recent Posts

See All