Tips Tingkatkan Repeat Order



Repeat order secara sederhana merupakan perilaku seorang konsumen yang membeli kembali atau menjalankan transaksi atas suatu produk tertentu yang sama dan juga pada toko yang sama. Perilaku ini pada dasarnya bisa terjadi karena konsumen menyukai produk yang ditawarkan oleh suatu toko online.


Seberapa penting sih Repeat order ? Mari kita ambil contoh ketika Repeat order, secara otomatis usaha tersebut harus mencari konsumen baru. Dimana apabila mencari konsumen baru diperlukan lagi biaya lebih tinggi yang digunakan untuk Brand Activation, membuat iklan, membuat konten, dan biaya lainnya. Sehingga dapat dimpulkan bahwa Repeat order yang tinggi penting sekali bagi suatu usaha. Lalu apakah yang harus dilakukan untuk membuat tingkat Repeat order konsumen menjadi tinggi ?


1. Memberikan Service atau Pelayanan Terbaik untuk Konsumen Pada Pertama Kali.

Langkah awal agar konsumen bisa repeat order lagi adalah membuat konsumen tersebut seolah-olah merupakan konsumen lama. Buat mereka menjadi nyaman sejak pertama kalinya membeli produk yang dijual. Hal ini karena kesan pertama konsumen atau first impression sangat menentukan konsumen tersebut akan kembali lagi atau tidak akan sama sekali.


2. Collect Database Hal yang penting ketika usaha kita sudah memiliki konsumen adalah mengumpulkan Database konsumen, untuk membuat terjadinya Repeat order.


3. Berikan Penawaran Menarik

- Memberikan Diskon ke Pelanggan Setia

- Menggunakan Metode Buy 1 Get 1

- Sesekali Terapkan Metode Free Ongkir


4. Feedback dari konsumen

Adakan survey atau riset feedback dari konsumen terkait program - program promosi dan penawaran yang sudah secara berkala sehingga tau program dan penawaran mana yang paling tepat serta dan apakah program tersebut berhasil atau tidak.


5. Terapkan Metode Retargeting

Menargetkan konsumen untuk kembali berbelanja produk kita. Dengan cara mengingatkan melalui email, sosial media, pencarian di instagram maupun browser, dan tampilan gambar untuk membeli lagi produk yang pernah dibeli sebelumnya.


6. Review & Evaluasi

Melakukan review, evaluasi, dan improvement secara berkala terhadap program Repeat order yang sudah dan sedang berjalan untuk terus bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Selalu ukur hasilnya, apakah ada peningkatan Repeat order dari bulan ke bulan?


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.




27 views0 comments

Recent Posts

See All