KEUANGAN UMKM BERMASALAH? INI TIPSNYA



Mengelola keuangan merupakan aspek penting dalam setiap bisnis. Dalam bisnis rumahan atau usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), urusan keuangan bukanlah hal yang bisa dipandang sebelah mata. Bagi Anda yang memiliki bisnis UMKM, berikut adalah tips-tips mengelola keuangan UMKM dengan baik.


1. Pastikan perencanaan keuangan yang jelas

Bisnis atau UMKM Anda pasti punya target dan rencana. Namun, beberapa bisnis malah tidak berjalan mulus karena perencanaan yang semrawut dan tidak pasti. Memang dalam berbisnis tidak ada yang pasti, namun memiliki rencana yang matang dan matang bisa menjadi panduan bagi Anda nantinya.


2. Hindari mencampurkan keuangan pribadi dengan bisnis Beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahui bahwa ini adalah hal terpenting dan paling mendasar dalam menjalankan bisnis UMKM. Namun tidak jarang sebagian orang bahkan menyepelekan hal ini meski tidak secara total menggabungkan semua urusan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Alasannya untuk mengamankan masalah pribadi, pajak dan modal usaha. Sebenarnya masalah tidak akan terjadi bila Anda masih aman atau penghasilan tidak jadi masalah. Namun, semua ini akan menjadi kacau nantinya jika Anda masih ngotot untuk memiliki akun pribadi dengan akun bisnis Anda dalam satu akun. Anda akan kesulitan untuk mencatat semua urusan keuangan UMKM Anda, mulai dari pendapatan, pengeluaran, hingga pembukuan. Cara terbaik untuk menjaga keuangan Anda adalah dengan menetapkan anggaran pribadi dan anggaran bisnis. Patuhi keduanya secara ketat dan terpisah sehingga kartu kredit dan pinjaman bisnis tidak digunakan untuk keuangan pribadi Anda dan sebaliknya.


3. Meneliti vendor dan bernegosiasi sebelum menandatangani kontrak

Penting bagi Anda untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang vendor yang akan Anda gunakan. Anda juga harus mengetahui bagaimana gaya kerja vendor atau supplier tersebut. Tak jarang masalah finansial datang dari vendor yang Anda gunakan. Cara mereka bekerja sebenarnya menghambat perkembangan bisnis Anda. Selain itu, jangan lupa untuk mengutip harga sebelum menandatangani kemitraan dengan vendor. Negosiasi dengan tujuan mendapatkan kesepakatan akan membantu Anda nanti, seperti memeriksa syarat pembelian, biaya keterlambatan pembayaran, dan masa tenggang saat mengambil keputusan. Melalui negosiasi yang baik, Anda juga akan menciptakan hubungan yang baik dengan vendor dan Anda bahkan bisa mendapatkan diskon saat mengambil barang dalam jumlah banyak.


4. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Klaim merupakan aspek yang akan berdampak pada keuangan bisnis di akhir periode. Biaya keterlambatan pembayaran kartu kredit dan pinjaman juga bisa sangat merugikan Anda. Cobalah untuk menghindari penundaan pembayaran tagihan. Terkadang karena merasa memiliki hubungan yang baik dengan vendor, beberapa pengusaha sering menunda pembayaran. Hal seperti ini hanya akan memperburuk keadaan jika Anda terus menunda pembiayaan vendor. Selain itu, hal ini juga berlaku untuk pembayaran pajak. Keterlambatan pembayaran pajak dapat mengakibatkan denda yang serius dan berdampak pada keuangan UMKM Anda.


5. Pembukuan dan Pemeriksaan Aset

Akuntansi keuangan akan memudahkan Anda untuk mengetahui pendapatan, pengeluaran, dan pinjaman Anda. Usahakan semua masalah keuangan berada pada pembukuan yang jelas. Saat ini Anda juga bisa menggunakan berbagai aplikasi pembukuan yang membantu pencatatan urusan keuangan Anda, Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengecek keadaan aset bisnis atau UMKM Anda. Misalnya dalam bentuk bisnis kuliner, Anda perlu mengecek kondisi perlengkapan bisnis Anda, seperti alat masak, alat pelayanan konsumen (meja, kursi, dll). Jika ada masalah dengan ini, Anda hanya perlu menyisihkan dana untuk perbaikan. Dengan pembukuan yang baik, semua masalah akan terekam dengan jelas, seperti masalah aset bisnis. Sehingga segala kesalahan atau ketidaktahuan masalah keuangan bisa dihindari.


Keuangan memang mudah sekali membuat anda pusing tujuh keliling. Apalagi, jika anda kurang memahami dasar-dasarnya. Semoga tips-tips sederhana di atas bisa menjadi panduan anda untuk mengelola keuangan bisnis anda.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan.

Dapatkan harga khusus hari ini.



56 views0 comments

Recent Posts

See All