Untuk Apa Sih Laba Ditahan?


Menjalankan suatu bisnis tentu saja selain bersinggungan dengan modal pasti selalu bertujuan dengan meningkatkan laba. Namun tahukah atau familiar kah dengan istilah dari laba ditahan? laba ditahan sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah laba kotor dari sebuah bisnis atau perusahaan. Dimana laba ini sendiri belum diperhitungkan untuk dibagi ke berbagai sektor yang berhak menerima dana seperti pemegang saham atau investor. Lalu sebenarnya apa sih fungsi dari Laba Ditahan itu? Yuk simak selengkapnya !


1. Mampu Menjadi Sumber Dana Cadangan

Kegunaan atau fungsi dari laba ditahan yang pertama adalah mampu dijadikan sebagai sumber dana cadangan bagi pebisnis atau perusahaan. Laba yang seyogyanya dibagi atau dikelola langsung jika akhirnya ditahan maka bisa menjadi dana cadangan bagi perusahaan terkait. Dengan catatan para pemilik saham atau pekerja mengetahui arah penahanan laba yang ada, misalnya sebagai tujuan menjadi sumber dana sewaktu-waktu.


2. Sebagai Modal Pengembangan Bisnis dan Usaha

Selain memiliki fungsi untuk dijadikan sumber dana cadangan misalnya saja keuangan perusahaan sedang dalam kerugian. Fungsi dari penerapan atau penahanan laba jenis ini adalah bisa digunakan sebagai modal pengembangan bisnis serta usaha. Pengembangan bisnis ini sendiri tidak hanya merujuk soal pengembangan gedung tapi bisa soal penambahan SDA atau SDM perusahaan juga lho.


3. Digunakan Untuk Membantu Pembayaran Hutang Perusahaan

Jika memang perusahaan memiliki jumlah hutang yang lumayan besar maka memiliki laba ditahan ini sebagai investasi sangat menguntungkan. Dimana dengan memanfaatkan laba yang masih disimpan ini para akuntan perusahaan bisa mengalokasikan pembayaran hutang dengan tepat waktu. Selain itu pembayaran hutangnya sendiri tidak akan mengusik sumber dana lainnya, sehingga perputaran dana utama perusahaan bisa aman


4. Bisa Menjadi Modal Investasi Lanjutan

Selain beberapa fungsi diatas, penerapan dari laba tertahan ini sendiri juga bisa dimanfaatkan sebagai bantuan modal investasi lanjutan. Seperti misalnya perusahaan melakukan pembelian saham di perusahaan lainnya kemudian bisa mendapatkan dana dari saham tersebut. Bisa jadi juga dana laba ini digunakan untuk melakukan pembelian tanah, bangunan atau barang operasional guna membantu perusahaan.


Untuk kamu yang ingin belajar mengenai keuangan, ilmu keuangan dapat membantu kamu serta mengajarkan dan membahas secafa detail mengenai keuangan bisnis, bagaimana cara membuat rencana bisnis, bagaimana cara membaca laporan keuangan, dll secara lengkap di Workshop Smart Financial Map. Daftarkan dirimu sekarang di Ilmukeuangan.com

41 views1 comment

Recent Posts

See All