Untuk Apasih Rasio Keuangan ?




Siapa sih yang gatau rasio keuangan ? Pasti sudah sering mendengar kan ? Sebenrnya untuk apasih rasio keuangan itu ? Nah sebelum tahu fungsinya, kenalan dulu ini sama rasio keuangan. Rasio keuangan adalah metode yang digunakan dengan tujuan mengevaluasi kinerja perusahaan untuk satu periode. Tujuannya adalah untuk mengetahui sampai mana perkembangan perusahaan.


Rasio keuangan sendiri terdiri dari dua kata, yaitu rasio dan keuangan. Rasio adalah angka yng dihasilkan dari hubungan 2 hal atau data yang berbeda. Sedangkan, keuangan adalah hal apapun itu yang berkaitan dengan uang dan pengelolaannya. Analisis rasio keuangan akan senantiasa dibutuhkan, jadi perusahaan tidak boleh mengabaikannya. Bahkan perlu memahami berbagai macam rumus yang ada padanya.


Namun perlu diperhatikan, untuk menghitung rasio keuangan, perusahaan perlu menyiapkan data akurat dari laporan keuangan. Laporan keuangan hanya berlaku untuk satu periode, jadi perhitungan rasio keuangan pun harus senantiasa diperbarui.


Nah setelah kenal, ini dia ini fungsi dari rasio keuangan!

Rasio keuangan adalah analisis yang punya fungsi penting dalam perkembangan perusahaan antara lain :

1. Mengetahui efektivitas operasional

Salah satu fungsi rasio keuangan adalah mengetahui efektivitas manajemen operasional perusahaan yang meliputi penggunaan budget dan biaya yang dibutuhkan. Perusahaan akan tahu apakah biaya dan budget yang dikeluarkan terlalu besar, sesuai, atau malah terlalu kecil. Dari sana perusahaan akan bisa melakukan penyesuaian untuk operasional yang lebih efektif dan optimal.


2. Mengetahui keuangan yang optimal

Perusahaan sudah menentukan budget untuk masing-masing kegiatannya. Dengan rasio keuangan, perusahaan akan tahu apakah budget tersebut digunakan secara maksimal sesuai dengan kebutuhannya.


3. Mengetahui aset yang optimal

Perusahaan juga bisa memanfaatkan rasio keuangan untuk menilai optimalisasi aktiva yang digunakan untuk berbagai kegiatan bisnisnya. Aset yang bagus tentunya yang berfungsi sesuai kebutuhan bisnis perusahaan.


4. Mengetahui kesehatan keuangan perusahaan

Rasio keuangan digunakan untuk memberikan informasi pada perusahaan apakah keuangannya sehat atau malah dalam keadaan buruk. Hal ini bisa diperoleh dari laba atau rugi yang perusahaan hasilkan.


5. Mengetahui perkembangan perusahaan

Rasio keuangan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan suatu usaha dalam mencetak laba yang terus meningkat, sehingga ikut mengukur perkembangannya dari periode ke periode lain. Perusahaan yang bagus tentunya yang berkembang seiring waktu.


Untuk kamu yang ingin belajar mengenai keuangan, ilmu keuangan dapat membantu kamu serta mengajarkan dan membahas secafa detail mengenai keuangan bisnis, bagaimana cara membuat rencana bisnis, bagaimana cara membaca laporan keuangan, dll secara lengkap di Workshop Smart Financial Map. Daftarkan dirimu sekarang..






35 views1 comment

Recent Posts

See All