Yuk Kenalan Sama Persamaan Dasar Akuntansi




Persamaan dasar akuntansi ini adalah pondasi untuk semua sistem akuntansi. Seluruh konsep dan kerangka akuntansi didasarkan pada persamaan ini. Nah persamaan dasar akuntansi ini diharuskan untuk menyamakan aset perusahaan dengan kewajiban dan ekuitasnya. Dengan kata lain harta atau aset yang dimiliki oleh perusahaan harus seimbang dengan liabilitas atau kewajiban. Nah apa aja sih komponen persamaan akuntansi ?


Persamaan Akuntansi :

Asset = Liabilitas + Ekuitas


1. Asset (Harta)

Aset adalah sumber daya yang dimiliki atau dikendalikan oleh perusahaan untuk digunakan manfaatnya di masa depan. Dengan kata lain, aset atau aktiva adalah hal-hal yang mendatangkan manfaat bagi perusahaan. Berikut beberapa contoh akun aset:


Aset lancar : Kas, Piutang, Inventory

Aset Tetap : Kendaraan, Bangunan, Peralatan.

Aset Tak Berwujud: Franchise, Goodwill, Hak Cipta


2. Liabilitas (Kewajiban)

Liabilitas atau kewajiban yaitu dana atas hasil pinjaman dari pihak lain atau kreditur, dimana utang ini harus dilunasi pada saat waktu yang sudah ditentukan. Dengan kata lain entuk tanggung jawab suatu perusahaan yang muncul karena adanya kejadian pada masa lalu.


Utang Jangka Pendek : Utang Dagang, Utang Bank, Utang Gaji, Utang Pajak.

Utang Jangka Panjang : Utang Obligasi


3. Ekuitas

Ekuitas adalah bagian dari aset perusahaan yang dimiliki oleh pemegang saham atau pihak ketiga, dan masuk ke dalam rumus persamaan dasar akuntansi. Ekuitas juga sering disebut modal karena merupakan harta yang dikeluarkan perusahaan untuk memenuhi operasional perusahaan yang nantinya harta tersebut mengalami residu atau pengurangan karena kewajiban yang harus dibayarkan seperti hutang dan beban.


Contoh akun ekuitas antara lain : Modal, Laba Ditahan, Saham Biasa, Prive.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.



14 views0 comments

Recent Posts

See All