Apasih Capex Itu?




Dalam berbisnis, ada berbagai macam pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan, salah satunya adalah pengeluaran modal untuk membeli aset-aset yang memiliki umur manfaat cukup lama. Pengeluaran ini kemudian disebut sebagai capital expenditure atau disingkat capex. Capital Expenditure atau capital spending, dalam bahasa Indonesia adalah pengeluaran modal atau belanja modal. Pengertian lainnya, capex merupakan biaya-biaya yang digunakan oleh perusahaan untuk memperoleh, memperbaiki, atau merawat aktiva tetap atau aset fisik, seperti properti, bangunan industri atau peralatan.


Berdasarkan definisi-definisi tersebut, pengeluaran capex ini bertujuan untuk menambah dan merawat aset perusahaan sehingga dapat memperkuat jalannya bisnis.


Karena itu, umumnya anggaran pengeluaran modal ini lebih besar daripada biaya operasional. Capex biasanya dianggarkan dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan.


Beberapa jenis capex adalah sebagai berikut.


1. Equipment Replacement

Pada jenis ini, penggunaan capex adalah untuk melakukan penambahan aset karena adanya kebutuhan baru maupun sudah tidak berfungsinya (atau usang) aset lama. Seperti contoh, perusahaan A melakukan pengeluaran untuk belanja komputer dan laptop untuk mengganti perangkat serupa yang sudah rusak.


2. Expansion to Meet Growth in Existing Products

Jenis capex ini dilakukan ketika sebuah perusahaan akan melakukan ekspansi untuk meningkatkan produk yang sudah dimiliki. Ekspansi ini dapat ditinjau dari sisi efisiensi maupun pengembangan pangsa pasar.


3. Expansion Generated by New Products

Bila perusahaan berencana untuk mengeluarkan produk baru, maka jenis capex ini yang digunakan. Seperti contoh adalah sebuah perusahaan membutuhkan pabrik baru, maka seluruh biaya yang diperlukan untuk menghasilkan pabrik tersebut dinilai sebagai capex.


4. Projected Mandated by Law

Jenis capex ini meliputi seluruh pengeluaran yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan guna menyesuaikan dengan hukum yang berlaku. Adapun model capex ini banyak diterapkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang tambang.


Seperti contoh adalah adanya aturan negara yang mewajibkan bahwa kawasan setiap pabrik yang menghasilkan limbah berbahaya wajib menyiapkan tempat pengolahan limbah di sekitar pabrik tersebut. Pada kasus ini, maka yang termasuk dalam capex adalah seluruh biaya yang timbul guna penyiapan tempat pengolahan limbah.


Nah buat kalian yang masih bingung dalam pengelolaan keuangan dan basic keuangan, ilmu keuangan menyediakan E-Course Basic Finance yang akan membantu kamu belajar membaca dan memahami laporan keuanganmu. Yuk daftar sekarang !!!





37 views0 comments

Recent Posts

See All