Cara mengatur Gaji biar gak Boros



Siapa yang tim gajian di awal bulan? Lalu kamu tim yang gajinya langsung ditabung atau langsung checkout barang-barang incaran di keranjang e-Commerce atau pesan makanan online begitu terima gajian nihh ? Nah biasanya yang termasuk tim kedua sama ketiga pasti ngerasa baru gajian kok udah menipis aja yaa uangnya, padahal tanggal gajian selanjutnya masih lama. Berikut adalah tips mengatur gaji supaya tidak boros !


1. Buat Budgeting

Catat data pengeluaran yang pasti, kamu sendiri pasti tahu pengeluaran apa saja yang biasa kamu lakukan selama satu bulan. Kamu hanya perlu membuat daftarnya, lalu kamu kurangkan jumlah pengeluaran tersebut dari gaji yang kamu terima. Coba bedakan mana yang merupakan kebutuhan, dan mana yang merupakan keinginan. Kamu juga bisa menggunakan aturan 50/30/20 sebagai cara mengatur gaji bulanan, yaitu dengan memilah gaji dalam tiga kategori utama, yaitu:

50% untuk memenuhi biaya kebutuhan sehari-hari, contohnya biaya sewa, makan, dll

30% untuk memenuhi keinginan, contohnya nonton bioskop, shopping, dll

20% untuk ditabung dalam instrumen keuangan seperti dana darurat, investasi, dll.


2. Catat setiap pemasukan dan pengeluaran

Setia pemasukan dan pengeluaran kamu harus dicatat. Jangan malas untuk mencatat setiap detailnya.Hal ini penting untuk melihat pos mana yang merupakan pengeluaran terbesarmu; konsumsi, transportasi, internet dan paket data, belanja pakaian, atau lainnya.


3. Lebih Bijaksana dalam membeli sesuatu

Menghindari pembelian impulsif adalah cara agar dapat mengatur gaji bulanan dengan baik. Pastikan sebelum membeli sesuatu, pikirkan baik-baik dan tanyakan kepada diri sendiri Apakah kita butuh? Apakah kualitasnya bagus? Dan apakah nilai yang didapatkan sesuai dengan harga yang dibayar?


4. Kelola hutang dengan baik dan sisihkan untuk tabungan.

Sebelum membeli barang apa pun, pastikan kamu bayar tagihan atau cicilan dulu. Jangan sampai melebihi batas tempo agar terhindar dari biaya denda. Setelah itu, sisihkan juga minimal 20% dari penghasilanmu untuk ditabung.


5. Tentukan tujuan utama mengumpulkan uang

menentukan apa tujuan yang ingin kamu raih dalam waktu singkat, menengah, hingga panjang. Motivasi ini akan lebih membantumu dalam menabung atau menahan diri untuk gak membeli barang yang sebenarnya belum perlu-perlu banget saat ini.


Itulah beberapa tips mengatur gaji bulanan supaya tidak boros. Mengelola keuangan secara tepat sangat penting supaya terhindar dari masalah finansial di masa depan. Kamu bisa mengurangi pengeluaran yang tidak penting dan meningkatkan pendapatan supaya keuangan kamu bisa lebih stabil dan terjamin.


ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.




23 views0 comments

Recent Posts

See All