Manajemen Keuangan Bisnis F&B Anti Gagal




Dengan menjalankan usaha restaurant tidak hanya dengan bakat kemampuan memasak saja, akan tetapi pada bisnis yang sedang Kamu jalani diperlukan untuk mengetahui cara mengatur keuangan sebagai fungsi akuntansi didalam bisnis yang sedang Kamu jalani supaya tidak mengalami kerugian. Nah berikut ini tips untuk kamu yang punya bisnis fnb atau restaurant !

  1. Buatlah Pencatatan Anggaran Biaya

Pertama yang harus dilakukan oleh bisnis fnb yaitu membuat anggaran biaya. Membuat anggaran biaya, bertujuan untuk mencegah pengeluaran biaya yang lebih banyak dari yang seharusnya. Biasanya anggaran biaya sudah mencangkup informasi biaya tetap yang harus dibayarkan, dan selanjutnya biaya operasional setiap hari. Anggaran biaya dapat memudahkan restaurant dari suatu kebingungan dalam mengatur dan menggunakan uang. Serta berguna dalam mengarahkan apa saja biaya yang dikeluarkan dan menjadi prioritas.

  1. . Analisa Kembali Restaurant Setiap Hari

Sebelum analisis laporan keuangan sebaiknya Kamu menganalisa kembali bisnis fnb setiap harinya. Sehingga berguna dalam menentukan berapa banyak jumlah pelanggan yang datang setiap hari dan berapa total jumlah pengeluaran secara nyata di restaurant setiap harinya. Sebagai hasil analisa menjadi acuan bahwa dana untuk pengeluaran yang sudah ditentukan benar-benar terpakai dengan semestinya. Sehingga, restaurant dapat memanfaatkan analisa tersebut ketika nantinya ingin mengevaluasi keuangan restaurant.

  1. Memahami Akuntansi

Sebaiknya pemilik bisnis memahami cara belajar akuntansi dengan mudah atau mencari ahli akuntan supaya harapannya pebisnis juga dapat memiliki pembukuan keuangan yang baik.

  1. Membuat Pencatatan Laporan Arus Kas dan Laporan Laba Rugi

Adanya laporan arus kas dan laporan laba rugi merupakan hal penting bagi kelancaran dan perkembangan bisnis restaurant. Sehingga, dapat membantu pemilik restaurant dalam memonitor apa saja aktivitas yang berdampak pada total dana restaurant. Kegunaan laporan arus kas membantu restaurant memastikan darimana saja dana yang masuk dan untuk apa saja dana keluar. Selain itu, pencatatan laporan laba rugi berguna untuk mengetahui pendapatan dan beban selama periode yang di inginkan.

  1. Mempersiapkan Dana Darurat

Dengan membangun usaha diperlukan dana utama, akan tetapi penting bagi Kamu untuk menyimpan dana cadangan sebagai dana darurat Kamu untuk berjaga-jaga apabila restaurant ternyata mengalami kerugian yang disebabkan beberapa faktor, salah satunya jumlah pengunjung yang sedikit sehingga pemasukan pun tak sesuai target.

Melalui cadangan dana ini diharapkan dapat membantu restaurant tetap berjalan, walaupun pemasukan untuk sementara tidak cukup untuk membayar biaya bulanan.


  1. Review Menu Hidangan Restaurant

Sebagai pemilik bisnis perlunya review menu hidangan apakah menarik bagi pelanggan atau tidak, bahkan pertimbangan tersebut menjadi suatu alasan seperti porsinya terlalu besar sehingga terbuang menjadi sampah makanan. Solusi seperti ini berguna untuk menahan pengeluaran dalam pembelian bahan baku yang digunakan untuk membuat menu tersebut dapat dikontrol sehingga tak merugikan restaurant.

Nah ini dia tips mengenai management atau mengatur keuangan di restaurant atau bisnis fnb. Setelah tau mengenai tips mengatur keuangan bisnis restorant kamu perlu belajar keterampilan dalam membuat laporan keuangan. Sehingga tidak salah dan asal-asalan dalam membuatnya. Ilmu keuangan memiliki e-course Basic Finance yang cocok untuk kamu yang ingin belajar keuangan bisnis dari basic. Daftarkan dirimu sekarang !




80 views1 comment

Recent Posts

See All