Pendanaan Bertahap ? Yuk Kenalan sama Seed Funding




Setiap bisnis pasti akan selalu membutuhkan sejumlah dana sebagai modal awal. Akan tetapi tidak semua pelaku usaha memiliki tabungan pribadi yang cukup untuk mendanai kebutuhan perusahaan yang dimilikinya. Itulah mengapa tak sedikit dari para pemilik usaha yang memutuskan untuk mencari modal awal untuk keberlangsungan startup-nya. Secara umum, kita mengenal ada beberapa tahapan pendanaan startup, di mana masing-masing tahapan pendanaan tersebut memiliki peran penting bagi pertumbuhan dan perkembangan startup. Bagi early-stage startup, salah satu tahap pendanaan yang penting adalah seed funding


Lalu apa itu seer funding ?

Seed funding atau bisa juga disebut dengan modal awal merupakan pendanaan berbasis ekuitas dimana seorang investor menginvestasikan dana kepada perusahaan selama tahap-tahap awal sebagai pertukaran dengan saham dari perusahaan tersebut. Setelah perusahaan itu berhasil dan mendapat keuntungan besar, investor dapat menjual sahamnya untuk mendapat keuntungan. Tujuan dari seed funding pada dasarnya adalah untuk membuat perusahaan terus berjalan dan menemukan potensi produk.


Seed funding untuk startup biasanya tidak sulit untuk didapatkan karena banyak investor asing maupun lokal yang akan selalu mencari peluang untuk berinvestasi di perusahaan startup yang sedang berkembang. Selain itu, seiring dengan pertumbuhan startup saat ini, banyak para founder yang tentunya membutuhkan suntikan modal awal untuk pertumbuhan startup-nya.


Lalu apa bedanya dengan venture capital ?

Seed capital dan venture capital kerap dianggap sama. Seed capital umumnya digunakan untuk mengembangkan ide bisnis hingga dapat disajikan secara efektif kepada perusahaan venture capital yang memiliki sejumlah besar uang untuk diinvestasikan. Jika perusahaan venture capital menyukai ide tersebut, mereka umumnya mendapatkan saham dalam usaha baru sebagai imbalan atas investasi dalam pengembangannya.


Kapitalis ventura menyediakan bagian terbesar dari uang yang dibutuhkan untuk memulai bisnis baru. Ini adalah investasi yang cukup besar, membayar untuk pengembangan produk, riset pasar, dan produksi prototipe. Kebanyakan startup pada tahap ini memiliki kantor, staf, dan konsultan, meskipun mereka mungkin tidak memiliki produk yang sebenarnya.


Nah sudah tahu kan cara mendapatkan pendanaan? kamu perlu belajar keterampilan dalam membuat laporan keuangan. Sehingga tidak salah dan asal-asalan dalam membuatnya. Ilmu keuangan memiliki e-course Basic Finance yang cocok untuk kamu yang ingin belajar keuangan bisnis dari basic. Daftarkan dirimu sekarang !







12 views0 comments

Recent Posts

See All