Perhatikan Ini Sebelum Membuat Laporan Keuangan


Membuat laporan keuangan perusahaan merupakan salah satu tolak ukur utama kesehatan bisnis Kamu. Kesalahan kecil dalam pembuatan rancangan dapat berdampak negatif pada perusahaan.


Oleh karena itu, pembuatan laporan keuangan harus dilakukan dengan cermat dan teliti. Berikut kita akan membahas 4 hal yang harus memperhatikan sebelum laporan keuangan.


1. Pastikan Membuat Laporan Keuangan perusahaan dan pribadi telah terpisah

Sebelum membuat laporan, pastikan bahwa bisnis Kamu telah memiliki pembukuan dan akun bank sendiri. Data-data yang berantakan dan tergabung hanya akan mempersulit pembuatan rancangan keuangan. Jika nota belanja supermarket Kamu dengan nota pembayaran supplier menyatu dalam rancangan, maka dana perusahaan akan membengkak dan keuangan perusahaan akan kacau.


Karena itu, periksalah terlebih dahulu data-data tersebut untuk meningkatkan keterpercayaan dan keakuratan data.


2. Kelengkapan bukti transaksi

Pastikan setiap transaksi bisnis memiliki bukti seperti faktur atau bon agar dapat mempertanggungjawabkan keabsahannya, baik dari transaksi kecil seperti pembelian pel atau sapu untuk keperluan kantor hingga pembelian bensin untuk kebutuhan logistik perusahaan.Transaksi yang melakukan tanpa bukti menganggap tidak sah dan tidak boleh memasukkan dalam rancangan. Jika tetap tertera dalam rancangan, maka Kamu harus menjelaskan dan mempertanggungjawabkan transaksi tersebut. Ingat untuk mengumpulkan bukti dari transaksi awal hingga transaksi terbaru untuk memperlengkapi rancangan. Periksa setiap tanggal transaksi untuk mendapatkan informasi akurat aktifitas finansial perusahaan.


3. Mata uang yang digunakan

Tentukan mata uang yang menggunakan dalam transaksi untuk memasukkan dalam laporan keuangan. Pastikan bahwa mata uang tersebut memang selalu menggunakan dalam setiap transaksi bisnis.


Tujuannya agar laporan keuangan lebih konsisten dan mudah mengerti. Misalnya, jika hampir seluruh transaksi Kamu menggunakan rupiah, maka sebaiknya seluruh rancangan keuangan membuat menggunakan mata uang rupiah agar lebih mudah menghitung dan mengerti.


4. Kelengkapan membuat laporan keuangan

Hal terakhir dan paling penting yang harus memperhatikan adalah kelengkapan komponen laporan.


Pada dasarnya setiap rancangan keuangan harus terdiri dari rancangan neraca, rancangan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.


Untuk kamu yang ingin belajar mengenai keuangan, ilmu keuangan dapat membantu kamu serta mengajarkan dan membahas secafa detail mengenai keuangan bisnis, bagaimana cara membuat rencana bisnis, bagaimana cara membaca laporan keuangan, dll secara lengkap di Workshop Smart Financial Map. Daftarkan dirimu sekarang di Ilmukeuangan.com

20 views0 comments

Recent Posts

See All