Perpanjangan PPKM Berat Bagi UMKM

Updated: Aug 8




Pemerintah Indonesia resmi menetapkan perpanjangan PPKM Level 4 yang dimulai pada 3 Juli 2021 hingga 9 Agustus 2021. Hal ini dapat berdampak buruk bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Walaupun disisi lain penetapan PPKM diharapkan dapat menekan laju kasus positif Covid-19.


Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen menilai perpanjangan PPKM membuat banyak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bangkrut. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Hempri Suyatna, peneliti Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan (Pustek) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang mengungkapkan, bahwa Perpanjangan PPKM Level 4 ini berpotensi menambah beban berat pelaku UMKM yang menyebabkan banyak sektor UMKM gulung tikar atau memilih untuk alih profesi.


Dalam mengatasi hal tersebut, Staff Khusus Menteri Koperasi dan UMKM, Fiki Satari pada diskusi daring, Selasa (3/8) menuturkan, pemerintah akan memberikan perhatian bagi para pelaku usaha kecil menengah agar bisa bertahan di masa pandemi yaitu dengan memberikan banpres UMKM serta relaksasi KUR tanpa jaminan


Namun Hempri Suyatna berpendapat bahwa walaupun sudah ada bantuan sosial, namun bansos dan digitalisasi UMKM selama ini belum cukup efektif untuk membantu UMKM. Menurutnya dalam kondisi saat ini para pelaku sektor UMKM bukan hanya memerlukan modal kerja namun jejaring pemasaran serta fasilitas pengembangan bagi UMKM yang alih profesi.


Oleh karena itu, selain dengan bansos dan digitalisasi UMKM, pemerintan dan swasta harus terus memikirkan inovasi-inovasi penerapan protokol kesehatan guna membantu kelangsungan usaha pelaku UMKM. Kampanye gerakan membeli produk lokal juga penting untuk dilakukan di tengah menurunnya daya beli masyarakat agar pelaku UMKM tetap bisa bertahan. Disisi lain UMKM juga harus terus berjuang dan menyusun strategi baru agar tetap bertahan selama masa pandemi Covid-19. Hal hal tersebut penting dilakukan mengingat UMKM memiliki peran dan kontribusi yang penting bagi perekonomian nasional.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan.

Dapatkan harga khusus hari ini.




4 views0 comments

Recent Posts

See All