Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula



Memulai suatu bisnis tidaklah mudah, apalagi bagi pemula yang baru akan merintis bisnis. Tentu saja banyak sekali tantangan dan hambatan yang harus dilewati agar bisa bertahan hingga sukses. Untuk itu diperlukan beberapa keahlian dan langkah dalam menjalankan bisnis. Berikut ini adalah tips memulai bisnis untuk pemula :


1. Fokus pada satu peluang bisnis

Dengan kamu fokus pada satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran kamu untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengeksekusi semua ide-ide tersebut.


2. Lakukan hal yang kamu sukai

Usahakan memulailah bisnis dari apa yang kamu sukai. Alasannya karena dengan kita menyukai bisnis yang kita jalani, kamu akan lebih mudah memahami seluk beluk bisnismu. Dan apabila nanti ada kendala, kamu tidak terlalu kesulitan untuk mengatasinya.


3. Lihat peluang bisnis sekitar

Lihatlah peluang bisnis yang ada di sekitar kamu. tidak menutup kemungkinan banyak bisnis yang ada di sekitar kamu yang memiliki prospek lebih bagus kedepannya. Kelebihan lainnya adalah jarak dengan tempat tinggal yang dekat dan kamu lebih memahami tentang seluk beluk di sekitar yang memengaruhi peluang bisnis di sekitar kamu.


4. Pilih lokasi yang strategis

Lokasi yang strategis juga sangat berpengaruh dan penting dalam bisnis. Jangan sampai kamu salah dalam memilih lokasi padahal modal yang dikeluarkan banyak namun bisnisnya tidak bisa berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan karena pemilihan lokasi yang kurang tepat.


5. Selalu mau belajar dari orang lain

Dengan berkonsultasi dan belajar dari orang lain seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya, kamu dapat mengambil pelajaran dari yang apa yang sudah dilakukan dan dilaluinya.


6. Belajar dari kegagalan

Dalam memulai bisnis gagal dan berhasil sudah menjadi teman baik. Apabila bisnis yang dijalani gagal apalagi masih pemula, hal tersebut adalah wajar dan jangan malu karena kesalahan tersebut akan meningkatkan kemampuan jika kamu mau belajar bagaimana memecahkan solusinya.


7. Kerja Keras Pantang Menyerah

Kita ingin sukses pastinya dibutuhkan kerja keras dan pengorbanan. Sama seperti bisnis, semakin besar usaha yang dilakukan maka semakin besar juga peluang kesuksesan yang akan didapat. Namun sebaliknya, jika kamu dari awal membangun bisnis hanya santai-santai saja, maka kesuksesan akan lama tercapainya atau bahkan malah terjadi kegagalan di tengah jalan.


8. Kelola keuangannya dengan baik

Dalam sebuah bisnis yang sudah berjalan dengan lancar, pengelolaan keuangan sangat amat diperlukan. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, maka bisa membantu perencanaan keuangan bisnis ke depan dengan baik. Karena pengelolaan keuangan yang buruk, bisa beakibat ke gagal atau rugi .


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.



8 views0 comments

Recent Posts

See All