Yuk Kenalan dengan ERP




Apasih ERP itu ? ERP atau Enterprise Resource Planning dapat diarikan sebagai suatu sistem yang terintegrasi. ERP secara bahasa diartikan sebagai perencanaan sumber daya perusahaan. ERP biasanya berbentuk software atau aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan mengkoordinasi informasi pada setiap unit pada perusahaan. Pada umumnya, ERP digunakan untuk perencanaan terkait tujuan perusahaan.


Meskipun penggunaan ERP dikaitkan dengan perusahaan besar tetapi kini sudah mulai bisa merambah ke UMKM dan berbagai industri.


Untuk masyarakat awam yang belum paham sistem ERP, tentu akan bertanya-tanya apasih manfaat dan keuntungan menggunakan sistem ERP ini ?

1. Untuk Mengintegrasi Informasi Keuangan

Adanya sistem ERP akan menjadi membantu kamu untuk dapatkan informasi keuangan dari berbagai departemen. Selain itu sistem yang tersambung ke semua divisi akan mempersingkat waktu dan tenaga dalam rekonsiliasi dan evaluasi informasi keuangan.


2. Dapat Mengelola Pesanan dan Produksi

ERP akan mempermudah perusahaan dalam mengelola segala input dan output yang terjadi selama proses bisnis terjadi. Adanya laporan digital dari ERP, membuat semua aspek dapat dengan mudah dikendalikan dan dipantau.


3. Dapat Mengelola HR

Sistem ERP mempermudah mengelola kebutuhan karyawan dalam berbagai unit bisnis. Sistem ini memungkinkan perusahaan dapat menyimpan informasi karyawan secara detail agar lebih mudah mengatur gaji, memantau kehadiran, melacak pengeluaran, dan lainnya.


4. Menjadi Jembatan Manajemen Hubungan Pelanggan

Adanya sistem ERP kamu dapat memusatkan informasi pelanggan, sehingga bisa mendapatkan akses yang lebih cepat. Selain itu, aktivitas jalur penjualan dan manajemen produk juga akan terpantau secara otomatis ketika melihat sistem yang ada.


Ilmukeuangan.com akan membahas lebih lengkap tentang rahasia mengelola keluangan UMKM di E-course Jurus keuangan. Dapatkan harga khusus hari ini.




27 views0 comments

Recent Posts

See All